Sekdis Kominfo Buka Bimtek Literasi Digital dan Sosialisasi Literasi Sejuta Pemirsa Tahun 2022.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Palu, Sulawesi Tengah. Kepala Dinas Kominfo diwakili Sekretaris Kominfo Drs. Aswin Saudo, M.Si membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Digital dan Sosialisasi Literasi Sejuta Pemirsa KPID Sulawesi Tengah. Bertempat di Gedung BPSDM. Jumat, (1/7/2022)

Dalam laporanya, Ketua HMI Kohati menyampaikan bahwa Kegiatan Bimtek ini mengangkat tema “Cerdas Bermedia di Era Digital” yang  diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) bekerja sama dengan Korps HMI Wati (Kohati) Badan Koordinasi (Badko).

Dalam menanggapi era globalisasi yang di perhadapkan dengan perubahan yang serba cepat. perubahan yang dimaksud adalah perubahan arah teknologi informasi dalam dunia literasi. Olehnya, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan memberi perbaikan di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Kominfo Drs. Aswin Saudo, M.Si   menyampaikan bahwa literasi digital bukan hanya sekedar kemampuan membaca atau menulis informasi di media digital, tetapi kemampuan untuk mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggunakan informasi.

“Saya sangat mendukung gerakan literasi sejuta pemirsa karena budaya digital hanya bisa terbentuk jika dibarengi dengan memahami 4 pilar literasi digital dan dilakukan secara konsisten.” Ucap Sekdis Kominfo dalam sambutanya

Ia juga mengatakan untuk meningkatkan pemahaman, pola pikir, dan pandangan kritis dalam menyikapi isu maka perlu memperhatikan 4 pilar Literasi Digital yakni ; etika digital, keamanan digital, keterampilan digital dan budaya digital.

Kemudian, dengan memberikan pembelajaran literasi digital, dapat mencegah terjadinya banjir hoaks di media sosial dengan  berita-berita yang telah dicek berdasarkan klasifikasi dan pengecekan fakta.

Diakhir sambutannya, beliau berharap dengan adanya literasi digital, kiranya dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait aturan, norma dan etika dalam memanfaatkan teknologi secara bertanggungjawab.

“Saya berharap kepada kita semua agar teliti dalam memanfaatkan sosial media. Sebab, seseorang yang mempunyai literasi digital pasti akan bijak dalam mengelola media sosialnya.” Tambah beliau

Pertemuan tersebut juga dihadiri : Wakil Walikota Palu, Ketua Umum Kohati Badko Sulteng, Ketua Umum HMI Badko Sulteng Narasumber dan Peserta.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *