Bakesbangpol  Gelar Sosialisasi Pemantapan Etika Budaya Politik di Buol

Facebook
Twitter
LinkedIn

Buol, Sulawesi Tengah-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangol) Provinsi Sulteng melalui Bidang Politik menggelar Sosialisasi Pemantapan Etika dan Budaya Politik Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024. Bertempat, di Surya Hotel. Selasa,  (15/8/2024)

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh  Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Kaban Kesbangpol Prov Sulteng Arfan dihadiri oleh unsur partai politik, masyarakat umum dan staf Bakesbangpol Kab Buol.

Tujuan Sosialisasi ini meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nilai etika dan budaya politik dalam rangka menciptakan nilai-nilai politik santun menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Pada Kesempatan ini, Arfan Kaban Kesbangpol Prov. Sulteng dalam sambutan tertulis Gubenur menyampaikan bahwa  keterbukaan dalam konteks politik melibatkan transparansi, pasrtiispasi, dan kesediaan untuk mendengar dan memahami perspektif yang berbeda.

“Politik yang santun berakar pada etika rasa hormat, dan tanggungjawab terhadap individu serta masyarakat”, ujar Kaban Kesbangpol

Selain itu kata Arfan, para pemimpin dan aktor politik lainnya harus menunjukan perilaku santun, berkomunikasi secara bijaksana, serta berupaya menjaga norma etika dalam interaksi politik agar terciptanya politik yang santun dan berbudaya.

Ia berharap, sosialiasi ini dapat meningkatkan pemahaman guna menumbuhkembangkan kedewasaan dan kesadaran akan hak dan kewajiban dalam kehidupan berdemokrasi melalui proses politik yang beretika.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kab. Buol Dadang menyampaikan, terdapat 5 Pasang calon Bupati Kab Buol tahun ini, dengan jumlah pemilih Pilkada 2024 sebanyak 110.334 jiwa yang tersebar di 272 TPS dari bebagai kecamatan dan desa di Buol.

“Sukses Pilkada adalah tangungjawab kita bersama, pemerintah aparat penegak hukum, serta masyarakat, dukungan penuh seluruh komponen dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 sesuai tugas dan fungsi masing-masing”, jelas Sekda Buol Dadang

Untuk itu, Dadang berharap masyarakat Buol harus Proaktif untuk memerangi hoax terkait isu-isu politik, menciptakan budaya politik yang bersih dan ramah.

Turut hadir ; Diskominfo Kab Buol, Biro hukum dan Biro Adpim kab. Buol

Sumber : Bakesbangpol Prov. Sulteng/PPID Pelaksana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *