Pemprov. Sulteng Ikuti Rakornas Pengawasan Pemerintah Daerah Tahun 2024 di Kepulauan Riau

Facebook
Twitter
LinkedIn

Batam– Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah diwakili Inspektur Inspektorat Provinsi Sulteng Salim, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2024. Betempat, di Swiss-Belhotel Harbourbay Batam, Kepulauan Riau, Senin (7/10/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dimulai 7 Oktober hingga 8 Oktober 2024 denganĀ  mengangkat tema “Pengawasan Berdampak Terhadap Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah”.

Turut mendampingi ; Sekretaris Diskominfosantik, Perdagangan, Pangan, Perkimtan, Kabag Protokol dan beberapa perwakilan perangkat daerah.

Acara ini digelar dalam rangka memperkuat sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan pembangunan yang berkelanjutan.

Rakornas ini secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, yang diwakili oleh Kepala BPSDM Kemendagri, Sugeng Haryanto. Ia mengatakan aparat pengawas intern pemerintah memiliki peran sentral untuk mewujudkan visi Indonesia emas sesuai Undang-Undang Nomor 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2024-2045.

“Tugas kita adalah memastikan visi yang sudah di tulis bersama dalam RPJPN 2024-2045 dapat terwujud”, kata Kepala BPSDM Kemendagri

Sugeng juga menyampaikan arahan Presiden RI berkaitan dengan peran Pengawas Intern, yang tidak hanya berfokus pada mencari kesalahan, tetapi lebih kepada langkah pencegahan untuk tidak terjadinya penyimpangan dan memberikan solusi yang tepat.

“Pengawasan harus berdampak nyata bagi masyarakat”, ujar Kepala BPSDM Kemendagri

Lebih lanjut, mendagri juga menginstruksikan segera menindaklanjuti Surat Edaran Bersama (SEB) tentang Penguatan APIP yang terfokus pada pengawasan anggaran, sumber daya manusia, independensi dan objektivitas, serta peran APIP dalam memberikan layanan konsultasi.

Pertemuan tersebut dihadiri, para Irjen Kementerian/Lembaga, para Pj. Gubernur se-Indonesia, Inspektur Daerah se-Indonesia.

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *