Pj. Sekda Sulteng Buka Focus Groub Discussion Final Penyusunan Perubahan Dokumen Teknis Ruang Perairan Pesisir.

Pj. Sekda Sulteng Buka Focus Groub Discussion Final Penyusunan Perubahan Dokumen Teknis Ruang Perairan Pesisir.

Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj. Sekda Sulawesi tengah Ir. Moh. Faisal Mang, MM, membuka secara resmi kegiatan Focus Groub Discussion (FGD) Final Penyusunan Perubahan Dokumen Materi Teknis Ruang Perairan Pesisir Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ball Room Hotel Sutan Raja Palu, panitia pelaksana juga membuka ruang Virtual melalui Via Zoom kepada peserta, pada rabu (19/01/2022).

Dalam sambutannya Pj. Sekda Sulawesi Tengah Ir. Moh. Faisal Mang, MM, menilai kegiatan FGD ini sangat penting sebagai salah satu instrumen dasar atau acuan dalam pengelolaan serta pengendalian pembangunan di wilayah pesisir dan pemanfaatan ruang laut di Sulawesi Tengah.

Dengan demikian, melalui kegiatan FGD ini, pemerintah Sulawesi Tengah membuka diri dengan adanya masukan baru terkait dengan pemanfaatan ruang laut.

Lebih lanjut, Beliau menjelaskan bahwa saat ini, Provinsi Sulawesi Tengah telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) No.10 tahun 2017 tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, namun terdapat beberapa perubahan, yaitu diantaranya : Pertama, perubahaan kebijakan yang mempengaruhi penataan ruang.

Kedua, perubahan peraturan perundang-undangan dalam penyusunan penetaan ruang.

Ketiga, dinamika pembangunan pesisir mencakup sosial, budaya, ekonomi.

Keempat, perubahan arah pembangunan berdasarkan aspirasi masyarakat.

Kelima, perkembangan paradigma pemikiran dan teknologi.

Keenam, interaksi wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dalam konteks lokal dan nasional.

Pada kesempatan itu, beliau berharap bahwa kegiatan FGD ini dapat memberikan manfaat sebesar – besarnya, tidak hanya bagi perlindungan dan pelestarian ekosistem laut, pesisir dan pulau-pulau kecil, tetapi dapat pula mendorong kemajuan pembangunan wilayah pesisir melalui peningkatan perkonomian segenap masyarakat pesisir dan laut Sulawesi Tengah menjadi masyarakat yang sejahtera dan lebih maju.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.