Ketua Forikan Hadiri Peringatan HARKANAS Ke- 8.

Ketua Forikan Hadiri Peringatan HARKANAS Ke- 8.

Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sulawesi Tengah membuka secara resmi Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANAS).

Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si selaku Ketua Forikan Sulawesi Tengah didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Kadis Pertanian dan Holtikultura, Kapolda, Danrem 132 Tadulako, Ketua DPRD, Kajati, Kadis Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan dilaksanakan secara langsung, bertempat di Taman Gor Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Kamis, (25/11/21)

Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKNAS) mengangkat tema “Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul.”

Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si selaku Ketua Forikan Sulawesi Tengah dalam sambutanya menyampaikan bahwa ikan merupakan sumber protein yang memiliki berbagai keunggulan bila dibanding dengan sumber protein lainya.

“Selain protein, ikan juga mudah dicerna, mudah diserap oleh tubuh, banyak mengandung lemak tak jenuh yang menguntungkan bagi tubuh seperti, omega 3, omega 6 dan omega 9.” Jelas Ketua Forikan

Selanjutnya, beliau juga menegaskan kepada seluruh UMKM pengolah hasil perikanan di Sulawesi Tengah agar terus meningkatkan produksi olahanya baik ditingkat produknya dan juga meningkatkan kualitas mutu olahanya.

Kemudian, pada kesempatan itu beliau juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terkait dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan.

H. Moh. Arif Latjuba, SE., M.Si selaku
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelaksanaan hari ikan nasional ini diisi dengan berbagai kegiatan yakni, Lomba masak ibu-ibu, Smart Fishing, olahan kuliner dan lainya sebagainya.

Beliau juga menambahkan bahwa di tahun 2020 sekitar 63, 03 kg/kabupaten dan dibantu dengan nasional sekitar 57 kg perkapita per tahun.

“Untuk seluruh masyarakat Sulawesi Tengah mari kita makan ikan agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah stunting, meningkatkan kecerdasan dan fisik menjadi lebih kuat.” Harap Vera Rompas diakhir sambutanya

Turut hadir : Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Instansi Teknis, Pengurus Dharma Wanita, Unsur Organisasi Wanita.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *