Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amin, bersama Wakil Ketua TP. PKK Provinsi, Wakil Bupati Banggai  Drs. Furqanudin Masulili, MM,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Faisal Mang, Kadis Kehutanan Ir. Nahardi, MM, Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, Melaksanakan penanaman Pohon dan penyerahan Bantuan Alat Ekonomi Produksi di wilayah KPH  balantak dan KPH Toili Baturube, di Desa Bubung, 8 Oktober 2021.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amin, bersama Wakil Ketua TP. PKK Provinsi, Wakil Bupati Banggai  Drs. Furqanudin Masulili, MM,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Faisal Mang, Kadis Kehutanan Ir. Nahardi, MM, Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, Melaksanakan penanaman Pohon dan penyerahan Bantuan Alat Ekonomi Produksi di wilayah KPH  balantak dan KPH Toili Baturube, di Desa Bubung, 8 Oktober 2021.

Laporan Kadis Kehutanan Provinsi, Ir. Nahardi, MM, menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan hari merupakan kelanjutan dari gerakan menanam pohon pada beberapa wilayah.

Suatu rencana aksi sesuai Visi Gubernur dan Wakil Guberbur Gerak Cepat Membangun Sulawesi Tengah seperti di Meko jaya, 100 ha,  baturube 100 ha.  beberapa daerah lainnya di Sulawesi Tengah hal ini dilaksanakan sebagai upaya implementasi Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur yang salah satunya menjaga harmoni dengan klam dan pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan sehingga Dinas Kehutanan, kegiatan saat ini dilaksanakan  di wilayah KPH  Balantak dan KPH Baturube, kadis kehutanan juga menyampaikan untuk pemberdayaan masyarakat dilaksanakan penyerahan alat pengelohan Lebah Madu untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan alat penyulingan minyak kayu putih.

Ir. Nahardi, MM, juga menyampaikan bahwa saat ini animo masyarakat untuk pengolahan penyulingan kayu putih sangat tinggi namun perlu dukungan untuk menyuplay Bibit Kayu Putih oleh keterbatasan yang ada kita mendorong perusahaan melalui dana CSRnya untuk berpastisipasi memberikan bantuan bibit pohon kayu putih, diakhir laporan kadis kehutanan menyampaikan bahwa untuk dukungan pemberdayaan masyarakat sehingga diwilayah KPH Balantak dan KPH Baturube Tahun 2021 dialokasikan masing masing 1 M untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Sambutan Wakil Bupati Banggai, Ir. Furqanudin Masulili, MM, pertama selamat datang kepada Wakil  Gubernur dan rombongan atas kunjungan kerjanya di kabupaten banggai khususnya di Desa Bubung untuk melakukan penanaman pohon, wakil Bupati Banggai menyampaikan terimakasih kepada Dinas kehutanan Provinsi yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon dan pemberdayaan masyarakat Banggai, karena gerakan menanam pohon akan memberikan dampak untuk mencegah teradinya bencana banjir dan bencana longsor dan dapat terus menjaga keseimbangan alam.

Sambutan Wakil Gubernur, Drs. Mamun Amir, menyampaikan bahwa kepala Dinas kehutanan Provinsi sudah menyampaikan tujuan dari kegiatan yang kita laksanakan saat ini untuk melaksanakan penanaman pohon salah satunya untuk melaksanakan mengiplementasikan Visi dan Misi Gubernur dengan harapan bahwa pembangunan yang dilaksanakan terjadi harmoni yang baik alam, selanjutnya Wakil Gubernur menyampaikan bahwa Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur akan dilaksanakan untuk mencapai Pengurangan Kemiskinan dan Pengurangan dengan melaksanakan antara lain Pendidikan Gratis, Tahun 2022 Pendidikan Gratis untuk SMA/SMK gratis tidak ada pungutan kepada anak didik dan orang tua murid.

Selanjutnya, Membantu masyarakat miskin, maka untuk meringankan beban masyarakat miskin pemerintah Provinsi dengan skema yang ditetapkan adalah Rp.1 jt /KK masyarakat miskin setiap hari raya idul Fitri, selanjutnya percepatan pembangunan Infrastruktur dalam rangka persiapan Daerah Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga untuk Ibu Kota Negara baru, untuk mempersiapkan daerah sulawesi tengah sebagai daerah penyangga ibukota negara baru adalah jalur distribusi darat dan laut, selanjunya percepatan peningkatan infrastruktur Daerah, salah satunya adalah pembangunan jembatan penghubung Banggai Kepulauan dan Banggai Laut  Tahun 2022 sudah diprogramkan Disain Enginering sebesar 5 M.

Selanjutnya, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan mengurangi angka stanting maka pemerintah daerah akan membangun klinik bersalin pada setiap kabupaten dengan harapan terwujudnya kwalitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, wakil Gubernur menyampaikan seluruh prioritas tersebut akan diwujudkam melalui program 100 M/Tahun/Kabupaten dan Kota Palu, program ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan memberikan keadilan kepada seluruh daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan pelaksanaan APBD sulawesi Tengah kedepan harus dilaksanakan secara  efektif dan efesien, kalau menembak burung jangan dengan meriam cukup dengan katapel dan harus dengan cara sengsara membawa nikmat bukan nikmat membawa sengsara.

Selanjutnya Wakil Gubernur menyerahkan bantuan ekonomi produksi kepada masyarakat berupa :

  1. Alat Ekstraktor Madu
  2. Alat Pengukur Kadar Air.
  3. Baju Pelindung Diri 1 Paket.
  4. Paket Saringan Madu.
  5. Penyerahan Secara Simbolis Stup koloni dengan jumlah 150 kotak koloni lebah kepada kelompok tani hutan (KTH) sari warna desa Bolobungkang Kecamatan Lobu kabupaten Banggai Binaan KPH Balantak melalui alokasi DAK Tahun 2021 ( Sumber Data Kepala KPH Balantak , Ir. Herry Apryanto, S.Hut., IPP. )

Sumber : Biro Adm Pimpinan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *