Wagub diwakili Plt. Kepala Bappeda Buka Secara Resmi Workshop Evaluasi PPRG.

Wagub diwakili Plt. Kepala Bappeda Buka Secara Resmi Workshop Evaluasi PPRG.

Palu, (2/9/21), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulteng menggelar Workshop Evaluasi Penerapan, Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di Gedung Kampung Nelayan Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, M.Si didampingi Kadis P3A Ihsan Basir, SH., LLM dan Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Irmawati Sahi, SE., M.Sc mengikuti Workshop Evaluasi Penerapan, Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG).

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, M.Si membacakan sambutan Wagub sekaligus membuka secara resmi Workshop tersebut menyampaikan bahwa Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang di bangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan guna memberikan manfaat dan daya ungkit kepada perempuan dan laki-laki dalam pembangunan untuk mengurangi kesenjangan gender.

“Berdasarkan Permendagri No. 67 Tahun 2011 tentang pedoman umum Pengarusutamaan Gender yang di pertegas dalam Perpres tentang strategi nasional melalui PPRG yang menjelaskan bahwa PPRG selain dilakukan ditingkat Kementrian/ lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, perlu juga dilaksanakan ditingkat Kabupaten”. Jelas beliau

Beliau juga menambahkan bahwa Integrasi isu gender dalam pembangunan telah dilakukan sejak diterbitkan Inpres No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan nasional, yang mana wajib dijalankan oleh kementrian atau lembaga serta pemerintah daerah sampai ke tingkat pemerintah kabupaten.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat tercipta kesamaan pemahaman bahwa keadilan dan kesetaraan gender bagi seluruh elemen masyarakat (Perempuan dan Laki-Laki) dengan pendekatan APKM (Akses, Partisipasi, Kontrol dan Manfaat)”. Harap Plt. Bappeda pada pertemuan tersebut

Turut hadir : Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Provinsi Sulteng, Intruktur, Pemateri dan Peserta.

Sumber :Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *