PEMERINTAHAN PROVINSI SULAWESI TENGAH

Menjelang Pra-POPNAS Zona V, Dispora Sulteng Gelar Bimtek.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Palu, Sulawesi Tengah. Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Tengah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sumber Daya Manusia Penyelenggaraan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Zona V. Bertempat di Swiss-Bell Hotel Silae Jl. Malonda No. 12. Kota Palu, Selasa, (20/9/2022)

Bimtek ini dihadiri Peserta Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona V Tahun 2022 terdiri dari Provinsi Gorontalo, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Tuan Rumah. Selain itu ada juga delegasi dari 8 cabang olahraga yaitu ; PBSI, PSSI, IPSI, PSTI, PERBASI, PELTI, PBVSI, dan PERTINA.

Adapun tujuan dari Bimtek SDM ini diantaranya, untuk mengetahui kesiapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk penyelenggaraan Pra POPNAS Zona V. Kemudian meningkatkan sinergitas, sinkronitas, dan kordinasi dalam rangka penyelenggaraan Pra-POPNAS antara Kemenpora, OPD, maupun Panitia Pelaksana.

Dalam laporan ketua panitia yang diwakili oleh Bambang menjelaskan kegiatan Pra-POPNAS ini awalnya adalah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) yang kemudian dalam Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) diubah menjadi Pra POPNAS.

“Pra POPNAS itu mirip dengan Pra PON artinya babak kualifikasi menuju PON kalau ini Pra POPNAS (berarti) babak kualifikasi menuju POPNAS” Kata Bambang yang mewakili Ketua Panita Pelaksana

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Irvan Aryanto, M.Si. ia menyampaikan peranan Gubernur Sulawesi Tengah hingga terpilih sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona V Tahun 2022.

“ini pun tak lepas dari peran Bapak Gubernur Sulawesi Tengah yang sigap untuk segera menyetujui Penunjukan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Tuan Rumah Pra-POPNAS Zona V Tahun 2022” Ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Irvan Aryanto,  M.Si.

Lanjutnya, Pra- POPNAS kali ini mempertandingkan 8 Cabang Olahraga yaitu ; Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Pencak Silat, Sepak Bola, Sepaktakraw, Tenis Lapangan, dan Tinju.  Jumlah total keseluruhan Peserta berjumlah 899 orang terdiri dari 687 orang Atlet akan bertanding, 125 orang Pelatih dan 80 orang Official serta 7 Orang Pimpinan Kontingen.

Di akhir sambutannya, Irvan Aryanto berharap semoga Bimtek SDM ini dapat memberikan nilai positif untuk Kelancaran Penyelenggaraan Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona V Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *