PEMERINTAHAN PROVINSI SULAWESI TENGAH

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin Berkunjung Ke Sulteng.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Wakil Presiden RI Dr. KH. Ma’ruf Amin, didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bersama 3 Menteri Indonesia Maju, Berkunjung Ke Palu Sulawesi Tengah dijemput Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura dan Forkopimda Provinsi di Bandara Sis -Aljufri Mutiara Palu, Kamis, 6 Januari 2022.

Rombongan Wapres RI KH. Ma’ruf Amin, bersama 3 Menteri Kabinet Indonesia Maju, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Wakil Menteri ATR/BPN Dr. Surya Tjandra SH, LLM, Wakil  Menteri PUPR John Wempi SH, MH.

Adapun tujuan kunjungan Wapres dan Rombongan ke Palu, Sulawesi Tengah untuk melihat secara langsung sudah sejauh mana progres Rehab dan Rekon Dampak Bencana Sulawesi Tengah 28 September 2022.
Setibanya rombongan Wapres RI di Kantor Gubernur yang dijemput secara langsung Bapak Wakil Gubernur Drs. Ma’mun Amir selanjutnya Wakil Presiden RI, Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan mendengarkan Laporan Perkembangan progres Rehab dan Rekon Dampak Bencana Sulawesi Tengah.

Dalam Pertemuan tersebut Wapres RI KH. Ma’ruf Amin, bahwa yang menjadi kendala saat ini masih terdapat Huntap yang belum dibangun PUPR untuk masyarakat terdampak bencana, Wapres RI meminta agar seluruh hambatan yang terjadi akibat permasalahan tanah agar dapat diselesaikan.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan bahwa Gubernur sudah mengalokasikan anggaran sesuai dengan permintaan Bupati dan Walikota Palu dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 61,8 M, Tetapi yang menjadi masalah Bupati Donggala sampai dengan saat ini belum melengkapi persyaratan pencairannya dan semua permasalahan yang ada akan segera dapat diselesaikan bersama Walikota Palu.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura juga menyampaikan bahwa perlu ada payung hukum untuk percepatan Rehab dan Rekon Dampak Bencana Sulawesi Tengah untuk itu diminta agar Inpres perpanjangan masa Rehab dan Rekon dapat segera diterbitkan.

Wapres KH. Ma’ruf Amin, menyampaikan agar segera diterbitkan Inpres Baru untuk percepatan Rehab dan Rekon Dampak Bencana Sulawesi Tengah, selanjutnya Segera dituntaskan permasalahan tanah Huntap Tondo II , kalau tidak dapat diselesaikan agar Huntap relokasi dapat dibangun di Pombewe, dibuatkan larangan untuk pembangunan rumah hunian pada zona merah.

Wapres RI Ma’ruf Amin menegaskan masyarakat tidak bisa terlalu lama menunggu kepastian Hunian yang mereka butuhkan.

Setelah selesai rapat Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Meninjau kondisi Huntap Tondo I yang dibangun Budha Suzhi dan Lokasi Pembangunan Huntab Tondo II dan di Lokasi Tondo II Wapres, Gubernur, Menteri dan rombongan berkenan melakukan penanaman pohon dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pondok Pasantren Al-Khairaat Palu untuk melakukan ziarah dan melakukan pertemuan dengan Pengurus Al-khairaat.

Wapres RI KH. Ma’ruf Amin, bersama Wury Ma’ruf Amin dan rombongan direncakan akan melajutkan Kegiatan kunjungan kerjanya di Sulawesi Tengah sampai Besok Hari.

Sumber : Biro Adm Pimpinan Setda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *