PEMERINTAHAN PROVINSI SULAWESI TENGAH

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, didampingi Tenaga Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Reformasi Birokrasi Dr. Yunan Lampasio, M.Si. Menerima Audiensi Rektor Universitas Islam Negeri Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S Pattalongi, M.Pd dan Jajaran, Ruang Kerja Gubernur, Rabu 13 Oktober 2021.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Prof. Dr. H. Sagaf S Pattalongi , M.Pd, Rektor UIN Datukarama Palu, menyampaikan dengan dukungan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Gubernur saat ini status IAIN Datukarama Palu meningkat menjadi Universitas Islam Negeri Datukarama Palu dengan peningkatan status ini akan mempercepat pengembangan akademik dan penelitian dalam pengembangan masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya, harapan Rektor agar kiranya Gubernur dapat mendukung dalam rangka pengembangan sarana dan prasarana Kampus UIN Datukarama Palu yang ada di Sigi dan Sarana Transportasi mahasiswa untuk masuk perkuliahan di Kampus Baru Sigi.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan selamat kepada Civitas UIN Datukarama Palu yang mendapat peningkatan status dan meminta dukungan Civitas UIN Datukarama Palu untuk mendukung percepatan pembangunan Sulawesi Tengah.

Gubernur menyampaikan rasa syukurnya bahwa Menteri Desa dan Transmigrasi menyutujui permohonan Gubernur untuk mengalokasikan anggaran lewat ADD kepada Smart Village setiap Desa 50 jt, “Saya berharap masyarakat Sulawesi Tengah kedepan harus pintar sehingga daerah kita punya lompatan dalam pembangunan.”

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan harapannya untuk pemberdayaan masyarakat lewat organisasi keagamaan diharapkan peran UIN Datukarama Palu untuk dapat mendukung program pemberdayaan masyarakat lewat organisasi keagamaan. Gubernur meminta agar Nniversitas melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat berperan mendorong masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan kredit UMKM saya berharap masyarakat dapat menfaatkan dengan baik skema kredit UMKM dari Bank dengan bunga rendah dan tanpa agunan.

Gubernur juga menyampaikan bahwa kualitas fiskal daerah Sulawesi Tengah masih rendah kedepan “kedepan kita mendorong peningkatan Fiskal Daerah Sulawesi Tengah, demikian juga peran Perusda untuk mengelola potensi daerah harus kita tingkatkan sehingga perusda kedepan juga dapat berperan untuk meningkatkan fiskal daerah”.

Gubernur juga menyampaikan kedepan kita diuntungkan dengan perpindahan Ibu Kota Negara Baru, olehnya masyarakat harus didorong meningkatkan produksi usaha pertanian, daerah kita dipersiapkan menjadi penyangga ibu Kota Negara Baru, sehingga perlu percepatan peningkatan kwalitas Infrastruktur Daerah, Arus Distrubusi Barang produksi pertanian harus ditingkatkan, baik darat dan laut kata Gubernur.

Gubernur Sulawesi Tengah Menyampaikan untuk mempercepat peningkatan infrastruktur pemerintah daerah harus melakukan strategi percepatan dengan beberapa skema pembiayaan, tujuannya untuk mempercepat adanya loncatan – loncatan pembangunan Sulawesi Tengah. 

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *