?> Butuh Sinergi Semua Pihak Membangun Desa
Selasa, 21 November 2017

Butuh Sinergi Semua Pihak Membangun Desa

  • PDF

rakorprovDESA.jpg

Palu, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa pembangunan desa yang saat ini terus diupayakan oleh pemerintah pusat bersama pemerintah daerah, mutlak membutuhkan sinergi semua pihak. Hal ini dikatakan oleh Ir. Mohamad Faisal Mang, MM. Selaku Asisten ekonomi, pembangunan dan kesejahteraan rakyat mewakili Gubernur pada petang (29/10) ketika membuka secara resmi Rapat koordinasi provinsi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3DM) di Sutan Raja Hotel. 

 Menurutnya sinergi harus dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai hal, diantaranya kultur masyarakat desa yang heterogen serta aturan yang berlaku sesuai undang-undang desa. Mengingat desa sejak 2015 mendapat perhatian yang sangat intens dari presiden melalui Nawacitanya, dan mendapat kucuran dana cukup deras dan meningkat tiap tahun, yang terbilang 20,76 triliun. Kemudian di tahun 2016 berjumlah 46,9 triliun. Dan tahun 2017 ini menjadi 60 triliun. Jika dilihat rerata tiap desa mendapat 800 juta hingga 1 miliar tergantung kemampuan desa mengelola dan mempertanggungjawabkan anggaran dana desa tersebut.

         Latar belakang tersebut, menurutnya yang menjadi alasan desa perlu dengan benar dikawal dalam pembangunannya dan masyarakatnya agar berdaya. Ia juga secara terperinci menekankan akan peran penting para pendamping desa. Karena di tangan merekalah peran pengawalan dan pengawasan dapat dijalankan, karena pendamping desa direkrut telah melalui mekanisme yang ketat, serta mereka juga telah dibekali pendidikan dan pelatihan dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya. 
         “Jalinan komunikasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten perlu disinergikan, dalam pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Begitu pula koordinasi diantara satuan kerja provinsi. Kabupaten perwakilan kecamatan dan pemangku kepentingan lainnya. Yang telah berkomitmen dengan undang-undang desa harus tetap terjalin dengan baik. Demikian pula dengan pendamping profesional desa agar terus melakukan pembinaan dan pengawasan serta mengawal dalam proses maupun pelaksanaan pembangunan desa”. Terang Faisal Mang membaca sambutan Gubernur. 
         Rapat koordinasi yang diikuti oleh tenaga ahli pendamping desa serta  seluruh camat dan perwakilan desa se- Sulawesi Tengah tersebut memiliki tujuan, diantaranya, melaksanakan analisa reguler mengenai dana desa, merencanakan pembentukan tim dana desa serta merumuskan permasalahan yang timbul dan mencari solusi dalam pengelolaan dana desa. Hal ini dikatakan oleh Drs. Rasyidi selaku sekretaris dinas pemberdayaan masyarakat desa. 
         Dalam acara tersebut juga dihadirkan beberapa pemateri. Bibit Samad Waluyo, mantan pimpinan komisi pemberantasan korupsi (KPK) pada saat ini juga sebagai ketua umum lembaga swadaya masyarakat gerakan masyarakat perangi korupsi (GMPK). Serta kepala badan perencanaan daerah provinsi Sulawesi Tengah Prof. Dr. rer. pol. Patta Tope, SE. 
         Menurut Patta Tope sebagai garda terdepan dalam memajukan desa, seorang pendamping desa harus memahami karakteristik daerah tersebut. Mulai dari hal yang dapat terukur hingga hal lainnya yang tidak dapat diukur. Ia menilai pendamping masyarakat desa harus dapat ikut mengupayakan 3 standar berikut. Hal itu dikemukakan yang berdasar pada world bank jika suatu masyarakat ingin dikatakan maju. Ketiga hal tersebut adalah kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. 

         Kesehatan masyarakat dapat dilihat dengan metode salah satunya angka harapan hidup yang semakin panjang. Ia mengatakan angka harapan hidup rerata Sulawesi Tengah mencapai 67 tahun, sedangkan secara nasional berada di angka 70,1 tahun. Harapan lama sekolah di angka 12 tahun.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 31 Oktober 2017 06:06

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3724
mod_vvisit_counterYesterday11725
mod_vvisit_counterThis week23382
mod_vvisit_counterLast week79820
mod_vvisit_counterThis month229604
mod_vvisit_counterLast month354024
mod_vvisit_counterAll days11359804

We have: 129 guests, 10 bots online
Your IP: 54.156.82.247
 , 
Today: Nov 21, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id