?> Religiusitas Bisa Tingkatkan Profesionalisme IAIN Palu
Minggu, 26 Maret 2017

Religiusitas Bisa Tingkatkan Profesionalisme IAIN Palu

  • PDF

HAB_3.jpg

HAB (Hari Amal Bakti) ke-71 Kementerian Agama diperingati jajaran IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Palu, Sulawesi Tengah pada Selasa (3/1) dengan melaksanakan upacara bendera. Rektor IAIN Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag bertindak sebagai irup sedang gubernur diwakili oleh Asisten Pemerintahan Moh. Arif Latjuba, SE, M.Si.

Pada kesempatan bahagia itu, 16 pegawai IAIN Palu resmi beralih status menjadi PNS Kementerian Agama, prosesi pengambilan sumpah dirangkaikan dalam upacara bendera.

Irup yang membaca sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan agama menjadi ruh kehidupan bangsa yang sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa. “Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatan kita dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional dan menjaga keutuhan NKRI,” kata irup melanjutkan amanat menteri LHS.

Oleh karena itu, ajaran dan nilai-nilai agama lanjut menteri berperan sebagai nation character building (pembangunan karakter bangsa) dan pedoman praktek kehidupan berbangsa dan bernegara yang bermottokan Bhineka Tunggal Ika. “Seluruh umat beragama harus menyadari dan disadarkan bahwa nilai-nilai agama merupakan unsur perekat integrasi nasional,” imbuhnya.

Dalam kaitan itu pula, Menteri LHS mengingatkan bahwa toleransi bukan hanya menjadi milik golongan umat agama tertentu saja tapi menjadi milik semua umat. “Saling menghormati dan saling menghargai identitas keyakinan antar umat beragama harus terus dijaga dalam upaya melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambah menteri dalam sambutan tertulisnya.

Sejalan dengan tema HAB, “Bersih Melayani” dan motto “Lebih Dekat Melayani Umat” lewat Rektor Zainal, Menteri LHS berpesan pada jajaran IAIN Palu memperkuat komitmen, integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom umat beragama. “Kita harus bersikap sebagai agamawan sekaligus negarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok,” imbuh rektor melanjutkan pesan menteri LHS.

Lebih lanjut, sesuai motto tersebut, menteri mengajak jajaran IAIN lebih peka mendeteksi aspirasi masyarakat, lebih sigap membereskan masalah dan lebih cekatan memenuhi kebutuhan umat, terutama dalam mencerdaskan dan meningkatkan daya saing umat dengan layanan pendidikan tinggi.

Dengan bekal keunggulan religiusitas jajaran IAIN, menteri percaya energi spiritual tersebut bisa ditransfer dalam meningkatkan profesionalisme dan produktivitas kerja di lingkungan IAIN Palu. “Kerja kita bukan saja dinilai oleh manusia, tapi juga diperhitungkan oleh Tuhan Yang Maha Mengetahui,” tutupnya.

Setelah upacara, acara dilanjut dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah yang diikuti Asisten Arif Latjuba bersama para dosen, dekan, PNS IAIN dan mantan rektor.

“Semoga IAIN tetap memberikan kontribusi bagi umat, bangsa dan negara, utamanya mewujudkan Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing,” singkat asisten usai mengikuti HAB ke-71. (Berita Foto : Harold Humasprov)

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 03 Januari 2017 04:47

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2324
mod_vvisit_counterYesterday8678
mod_vvisit_counterThis week2324
mod_vvisit_counterLast week67018
mod_vvisit_counterThis month256863
mod_vvisit_counterLast month472913
mod_vvisit_counterAll days8707253

We have: 43 guests, 9 bots online
Your IP: 54.211.233.235
 , 
Today: Mar 26, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id