?> Pemimpin Hebat Lahir Dari Kesukaran dan Tantangan
Minggu, 28 May 2017

Pemimpin Hebat Lahir Dari Kesukaran dan Tantangan

  • PDF

upaDIKLAT_4.jpg

Gubernur yang diwakili Plt Sekda Dra. Derry B. Djanggola, M.Si menutup Diklat Pim III, IV dan Diklat Prajabatan CPNS Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016 pada Senin (28/11), di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur. Hadir pada penutupan itu, Kepala BKD Drs. Aries Singgih, M.Si, Kepala Badan Diklat Drs. Rifailof, M.Si dan para widyaswara.

Panitia Diklat Drs. Aswin Saudo, M.Si dalam laporannya, menyebutkan pelaksanaan Diklat Pim III berjalan selama 98 hari, terbagi menjadi dua angkatan yakni 11 dan 12, dengan jumlah peserta kedua angkatan tersebut sebanyak 62 orang, sedangkan Diklat Pim IV angkatan 22 lebih lama lagi yaitu 98 hari dengan peserta sebanyak 38 orang.

Diklat Pim III dan IV dalam penyelenggaraannya menerapkan pola baru, on-off class dengan 5 tahap pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan leadership (kepemimpinan) birokrasi di sektor publik.

Khusus untuk CPNS formasi umum, Diklat Prajabatan yang diselenggarakan bertujuan untuk internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen dan Anti korupsi).

Peserta Diklat Prajabatan Golongan II dan III formasi umum masing-masing terbagi menjadi 10 angkatan dan 2 angkatan dengan menerapkan pola minimalis berbasis on-off class. Adapun lama diklat untuk golongan II selama 28 hari dan 33 hari untuk golongan III.

Lanjut Aswin, khusus peserta Diklat Prajabatan CPNS K II, lama diklatnya 7 hari, menerapkan pola klasikal dengan jumlah peserta 332 orang yang terbagi dalam 9 angkatan.

Pemusatan diklat berlangsung di beberapa tempat antara lain Hotel Grand duta, Hotel Brizky, BLK, UPT Pertanian Sidera, UPT Nakertrans dan MAN 2 Palu.

Dalam sambutannya, Gubernur Longki Djanggola menitipkan harapan agar peserta yang telah lulus diklat berupaya meningkatkan kualitas diri dan kinerjanya guna membentuk sosok pemimpin birokrasi yang berkemampuan tinggi dalam menjabarkan visi misi instansinya yang tak lain adalah penjabaran dari visi dan misi pemerintah provinsi.

"Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing dengan misi melanjutkan reformasi birokrasi, penegakan hukum dan HAM, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing serta berbudaya," kata Plt Sekda meneruskan pesan gubernur.

Dengan penerapan diklat pola baru, juga diharap bisa efektif dalam menularkan perubahan di tingkat instansi kerja, khususnya dalam menyemaikan nilai-nilai dasar PNS sehingga kualitas penyelenggaraan birokrasi di Sulteng terus meningkat.

"Kepemimpinan bukan perkara jabatan tapi soal menjawab persoalan, jadilah pemimpin yang tidak terbang ketika dipuji dan tidak tumbang ketika dicaci," tandasnya. "Orang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan kenyamanan tapi mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata," tutup Plt Sekda, mengakhiri sambutan gubernur.

Pada kesempatan itu, juga diumukan tugas inovasi perubahan terbaik peserta Diklat Pim III angkatan 11 dan 12, yaitu Tatang Surahman dengan judul "Penataan Ruang Terbuka Hijau Melalui Pengendalian Pemakaman" dan Moh. Ramadhan dengan judul Intensifikasi Pemeriksaan Wajib Pajak Melalui Satgas Pajak Anti Korupsi.

Penutupan diklat ditandai simbolis dengan pelepasan kartu tanda peserta oleh Plt Sekda Derry Djanggola dan Kaban Diklat Rifailof.(Berita Foto : Harold Humasprov)

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 28 November 2016 08:12

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4509
mod_vvisit_counterYesterday8599
mod_vvisit_counterThis week4509
mod_vvisit_counterLast week65675
mod_vvisit_counterThis month243561
mod_vvisit_counterLast month239352
mod_vvisit_counterAll days9252892

We have: 194 guests, 700 bots online
Your IP: 23.20.147.6
 , 
Today: May 28, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id