?> Wujudkan Pariwisata Sulteng yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing
Minggu, 28 May 2017

Wujudkan Pariwisata Sulteng yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing

  • PDF

FGD_WISATA_1.jpg

Dalam rangka menindak lanjuti hasil pertemuan dengan Komisi X DPR RI ke Sulawesi Tengah, bulan lalu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar FGD (Focus Group Discussion) Pengembangan Pariwisata dan Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Sulteng pada Selasa (22/11) di Hotel Santika.

FGD dihadiri narasumber Staf Ahli Kemaritiman Kementerian Pariwisata Syamsul Lussa dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan SDA Ir. Yanmart Nainggolan, CES.

FGD dibuka simbolis dengan pemukulan gong oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc, mewakili Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Peserta rakor berasal dari dinas parekraf kabupaten dan kota, pengelola bandara, pelabuhan, kepolisian, tokoh-tokoh adat dll.

Menurut asisten, potensi pariwisata Sulteng sangat beragam meliputi darat, bahari, budaya dan religi. Contohnya saat ini ada 3 objek wisata andalan prioritas Sulteng yaitu Togean, Matantimali dan Lembah Bada yang harus dikelola secara holistik dan profesional.

Karena itu, asisten mengimbuh supaya promosi wisata yang dilakukan mesti secara konsisten dan berkesinambungan. “(pengembangan) ditunjang pula SDM yang ahli di bidang pariwisata dalam mengelola dan membangunnya agar pengembangan (pariwisata) ke depan jadi lebih terarah,” tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Parekraf yang diekspos Kadis Hj. Sitti Norma Mardjanu, SH, MH, M.Si, pariwisata menjadi ikon andalan yang mendatangkan devisa, dimana Indonesia menempati urutan ke-4 dunia dan di tingkat nasional, Sulteng menduduki  peringkat 3, hunian hotel terbanyak, yang salah satunya berasal dari pariwisata.

Tahun ini saja, jumlah wisatawan baik nusantara dan mancanegara yang masuk ke Sulteng telah mencapai angka 3 juta yang diharap kadis tahun depan akan terus bertambah.

Terkait itu, Gubernur Longki Djanggola lewat Asisten Elim Somba berharap output FGD dapat meningkatkan komitmen dan sinergitas stakeholder demi terwujudnya pariwisata Sulteng yang maju, mandiri dan berdaya saing. “(FGD) dapat menjadi acuan seluruh pihak dalam mengembangkan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan,” tutupnya.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 22 November 2016 07:30

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday9260
mod_vvisit_counterYesterday8599
mod_vvisit_counterThis week17859
mod_vvisit_counterLast week62890
mod_vvisit_counterThis month248312
mod_vvisit_counterLast month239352
mod_vvisit_counterAll days9257643

We have: 160 guests, 11 bots online
Your IP: 23.20.147.6
 , 
Today: May 28, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id