?> Plt Sekda Buka Rakor Forum Ekonomi Daerah 2016
Minggu, 17 Desember 2017

Plt Sekda Buka Rakor Forum Ekonomi Daerah 2016

  • PDF

rakor_forum_eko_4.jpg

Plt Sekda Dra. Derry B. Djanggola, M.Si membuka Rakor Forum Ekonomi Daerah, bertempat di Hotel Mercure, Senin (21/11). Rakor diikuti Sekda Kabupaten dan kota se Sulteng selaku Ketua TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) di Kab/Kota, para Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra se Sulteng, kepala SKPD, kepala perwakilan BI, pelaku usaha, dan stakeholder.

Bertepatan dengan rakor itu, juga diluncurkan Road Map Rencana Aksi Daerah (RAD) Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) Provinsi Sulawesi Tengah dan pelatihan operator aplikasi PIHPS (Program Informasi Harga Pangan Strategis) dan SIKP (Sistem Informasi Kredit Program).

Melalui sambutan yang dibaca Plt Sekda, Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si mengapresiasi pertemuan yang bertujuan menyamakan dan mensinergikan persepsi pembangunan perekonomian Sulteng yang hingga semester I 2016 tumbuh mencapai 14,38%.

“Sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi yakni sektor Industri Pengolahan yaitu sebesar 62,83%, diikuti terbesar kedua dan ketiga yaitu sektor Pertambangan dan Penggalian sebesar 59,20%  dan Jasa Perantara Keuangan dengan pertumbuhan sebesar 15,55%,” ungkapnya, meneruskan arahan gubernur.

Pertumbuhan tersebut lanjut gubernur juga bersignifikansi dengan penurunan angka pengangguran. Berdasarkan data BPS, jumlah penganggur pada Agustus 2016 menurun sebanyak 1995 orang dibanding Februari 2016 dan berkurang sebanyak 7115 orang jika dibanding keadaan Agustus 2015.

Bahkan, setahun terakhir TPAK (Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja) mengalami kenaikan sebesar 4,77 persen. “Faktor yang mempengaruhi kenaikan tingkat partisipasi angkatan kerja, dan merupakan faktor penyumbang penyerapan tenaga kerja yaitu, sektor industri dan perdagangan, sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan, sektor jasa kemasyarakatan, sosial dan perorangan dan sektor rumah makan dan jasa akomodasi,” bebernya, menyebutkan 4 sektor penyumbang terbesar TPAK.

Olehnya itu, untuk menjaga konsistensi perekonomian Sulteng, gubernur memberikan keleluasaan bagi ruang fiskal  khususnya dalam mengoptimalkan sumber-sumber PAD demi pertumbuhan yang inklusif. “(pertumbuhan) diharapkan dapat berdampak positif khususnya terhadap perbaikan kinerja pembangunan manusia,” sambungnya.

Selain itu, gubernur lewat Plt Sekda menitik beratkan 4 upaya yang harus diselaraskan antara lain mendorong kemandirian daerah, meningkatkan daya saing yang bertumpu pada daya saing daerah, mengembangkan kemitraan antar daerah guna menghindari persaingan tidak sehat khususnya dalam pengembangan kompetensi inti industri daerah dan merevitalisasiindustri.

Lebih lanjut gubernur juga mengapresiasi High Level Meeting TPID dalam rangkaian rakor hari itu. Khususkelompok volatile foods yang selama ini sering menimbulkan inflasi, gubernur berharap pengendaliannya difokuskan pada kelompok ikan segar, bumbu-bumbuan dan sayur-sayuran. “Pengendalian inflasi harus terus ditingkatkan khususnya dalam mewaspadai tekanan inflasi dari kelompok volatile foods dan administered prices,”singkatnya.

Pembukaan rakor dilakukan simbolis oleh Plt Sekda Derry Djanggola dengan memukul gong. Setelahnya peserta mengikuti Sosialisasi Industri Pertambangan Berbasis Kemasyarakatan.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 21 November 2016 04:40

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday43
mod_vvisit_counterYesterday10189
mod_vvisit_counterThis week43
mod_vvisit_counterLast week94018
mod_vvisit_counterThis month203225
mod_vvisit_counterLast month326599
mod_vvisit_counterAll days11660024

We have: 70 guests, 9 bots online
Your IP: 54.226.113.250
 , 
Today: Des 17, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id