?> Malam Anugerah Daya Saing Produk Pertanian Sulteng 2016
Selasa, 28 Maret 2017

Malam Anugerah Daya Saing Produk Pertanian Sulteng 2016

  • PDF
ANUGRAHdayaSAING_2.jpg

Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si menghadiri acara Malam Anugerah Daya Saing Produk Pertanian Sulawesi Tengah Tahun 2016 pada Senin (14/11) di Hotel Mercure. Acara tersebut bertujuan mengapresasi dan memotivasi insan tani se Sulteng dalam mengintensifkan pengembangan produk pangan yang berdaya saing dalam hal memenuhi standar jaminan mutu dan aman dikonsumsi.

Menurut Kadis Pertanian Ir.Trie Iriany Lamakampali, M.Si, perkembangan pasar saat ini menuntut tersedianya produk-produk pangan yang memiliki jaminan standar mutu. Karenanya acara malam itu sangat strategis baik sarana mengapresiasi maupun membangun jejaring mutu, menjamin keamanan pangan dan meningkatkan nilai tambah pertanian.

Pemberian anugerah dibagi dalam 2 kategori yaitu produk pertanian organik dan produk memenuhi sertifikasi prima 3. Untuk kategori pertama, juara 1 hingga 4 masing-masing dimenangkan oleh Unggul Sejati asal Sigi, Greenfresh asal Poso, Masamba asal Banggai dan Mahiga juga dari Banggai.

Sementara kategori dua, juara 1 hingga 4 masing-masing dimenangkan oleh Sejahtera II asal Donggala, Lestari asal Banggai, Ringgit juga dari Banggai dan Tunas Jaya dari Tolitoli.

Gubernur yang menyerahkan langsung penghargaan kepada para juara, mengucapkan terima kasih atas komitmen mereka yang begitu besar dalam menerapkan sistem jaminan keamanan dan mutu pangan sehingga hasil-hasilnya bernilai tambah. “Tetaplah bekerja dan berkarya dengan penuh semangat dan menjadi inspirator bagi kelompok-kelompok tani lainnya untuk membangun pertanian daerah yang lebih berdaya saing,” pesannya.

Gubernur lalu menambahkan masyarakat saat ini semakin kritis terhadap kualitas. Olehnya Ia mengetuk hati nurani insan tani senantiasa menjaga mutu produknya agar sesuai standar yang ada. “Jangan hanya berpikir keuntungan semata, jadi memakai pupuk, pestisida dan lain-lain secara berlebihan, akhirnya saat diperiksa (produk pangan) tidak memenuhi syarat,” imbuhnya. “Tolong hati-hati, ingat anda ikut berdosa kalau yang makan itu keracunan,” tambah gubernur mempertegas.

Selain memberi penghargaan kepada kelompok tani dan gapoktan, gubernur juga memberi apresiasi kepada kabupaten yang berhasil mendorong petani-petaninya menerapkan sistem jaminan keamanan dan mutu pangan. Dalam hal ini penghargaan diterima oleh Bupati Sigi Moh. Irwan Lapatta dan Bupati Banggai Herwin Yatim, serta perwakilan Bupati Poso, Bangkep dan Parigi Moutong, masing-masing diwakili Kadis Pertaniannya.

Kepada para bupati, gubernur berpesan untuk menjaga kesinambungan kinerja dan program pertanian yang telah dibangun agar kedepannya lebih banyak lagi produk-produk tani yang mendapat pengakuan keamanan dan mutu baik secara nasional maupun internasional. “Pertanian adalah primadona kita jadi mari tingkatkan daya saing pertanian kita,” pungkasnya.

Dalam rangkaian acara malam itu dilaksanakan MoU antara petani dengan pengusaha pasar modern. Dengan tercapainya MoU tersebut memungkinkan para petani lokal memasarkan produk-produknya di pusat perbelanjaan bergengsi di Palu seperti Carefour, Hypermart dan BNS. (Berita & Foto : Harold Humasprov)

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 15 November 2016 00:02

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday6082
mod_vvisit_counterYesterday12878
mod_vvisit_counterThis week44026
mod_vvisit_counterLast week64772
mod_vvisit_counterThis month289887
mod_vvisit_counterLast month472913
mod_vvisit_counterAll days8740277

We have: 91 guests, 6 bots online
Your IP: 54.204.252.37
 , 
Today: Mar 28, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id