?> Giatkan Menabung Sejak Dini
Senin, 24 Juli 2017

Giatkan Menabung Sejak Dini

  • PDF

BTNSIMPel.jpg

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bekerjasama dengan Bank BTN menginisiasi program tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar) yang khusus ditujukan meningkatkan gemar menabung di kalangan siswa SD, SMP dan SMA. Peluncuran tabungan tersebut juga dilakukan serentak di sekolah-sekolah lainnya se Indonesia dalam rangka pemecahan rekor MURI. Di Sulawesi Tengah, pembukaannya diselenggarakan di kompleks SD dan SMP Madani Palu pada Rabu (26/10).

Hadir disana, Kepala Perwakilan OJK Sulawesi Tengah, Kepala Bank BTN Cabang Palu, Kepala SD dan SMP Madani dan Gubernur Drs.H. Longki Djanggola, M.Si yang diwakili Kepala Biro Administrasi Ekonomi Dra. Tuty Zafriani, M.Si.

Keunggulan dari tabungan ini seperti jumlah setoran awal yang kecil dan rekening yang dibuka, menggunakan nama siswa bersangkutan sebagai nasabah sehingga siswa sedini mungkin dapat belajar mengelola keuangannya secara efektif.

Berdasarkan keterangan BTN, jumlah rekening SIMPEL yang dibuat secara nasional untuk pemecahan rekor lebih dari 220.000. Sedang di Palu, mencapai lebih kurang 750 rekening.

Menanggapi itu, lewat sambutan tertulis yang dibaca karo ekonomi, Gubernur Longki mengapresiasi tabungan SIMPEL sebagai sarana edukasi, menanamkan budaya menabung sejak usia dini di kalangan pelajar. “Kiranya program ini akan berimplikasi mencerdaskan masyarakat khususnya dalam mengenalkan pengelolaan keuangan sejak dini pada anak-anak kita,” ungkap Karo Tuty. “Sehingga saat mereka dewasa, anak-anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dalam membelanjakan, merencanakan dan mengelola keuangannya,” harapnya menambahkan.

Lebih lanjut, edukasi menabung untuk anak menurut gubernur terbilang gampang-gampang susah sebab perlu digunakan metode yang pas, yang disesuaikan dengan daya pikir mereka sehingga esensi menabung dapat mereka pahami dengan mudah.

Olehnya itu, program tabungan SIMPEL merupakan pendekatan yang strategis lagi efektif menjangkau para pelajar apalagi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya. “Saya percaya akan efektif memberikan pengalaman belajar untuk membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan sendiri,” lanjut Karo Tuty meneruskan arahan Gubernur Longki.

Selain itu, gubernur juga menggaris bawahi bahwa prilaku anak sangat ditentukan orangtuanya, apapun yang dilakukan orangtua pasti diikuti anak-anaknya. Karenanya, Gubernur mengimbau para orangtua juga ikut menyukseskan gemar menabung dengan menjadi panutan bagi anak-anaknya. “Orangtua semestinya menjadi pedoman dan keteladanan dalam membiasakan menabung sebagai budaya dan gaya hidup yang bermanfaat bagi masa depan,” pungkasnya.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 26 Oktober 2016 21:51

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4956
mod_vvisit_counterYesterday9128
mod_vvisit_counterThis week14084
mod_vvisit_counterLast week80625
mod_vvisit_counterThis month235938
mod_vvisit_counterLast month380204
mod_vvisit_counterAll days9912614

We have: 69 guests, 17 bots online
Your IP: 54.162.60.75
 , 
Today: Jul 24, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id