?> Jadikan Museum Destinasi Wisata
Sabtu, 21 Januari 2017

Jadikan Museum Destinasi Wisata

  • PDF

pameranMuseumSulteng.jpg

Gubernur diwakili Wakil Gubernur H. Sudarto, SH, M.Hum membuka Pameran Regional se Sulawesi “Keberagaman Senjata Tradisional Masyarakat Sulawesi” pada Senin (19/9), bertempat di UPT Museum, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana, Kadis Dikbud H. Ardiansyah Lamasitudju, S.Pd, M.Si, Kepala UPT Museum Muslimah, M.Pd dan para kepala museum se regional Sulawesi.

Pameran bertujuan memperkenalkan kekayaan sejarah berupa senjata tradisional yang ada di Pulau Sulawesi kepada masyarakat luas, khususnya para guru, siswa, dosen, mahasiswa dan stakeholder.

Ketua Asosiasi Museum Putu Supadma dalam sambutannya menyebut museum sebagai rumah tertinggi peradaban, rumah inspirasi dari segala hal. Karena itu, pengelolaan museum harus dijalankan secara profesional supaya mampu menarik masyarakat dan wisatawan datang berkunjung.

“Di luar negeri, museum adalah destinasi utama, tempat kunjungan pertama wisatawan ini lah yang jadi tantangan yang harus dijawab,” tuturnya.

Sedangkan, Gubernur Longki Djanggola dalam sambutan tertulis yang dibaca Wagub, berharap pameran menjadi wahana komunikasi yang mampu mentransfer nilai-nilai luhur yang secara substansial berimplikasi dengan pengembangan pendidikan dan pewarisan sejarah budaya.

“Arti penting dari pameran regional se Sulawesi adalah landasan awal Kita untuk menemu kenali jati diri dan karakter Kita sebagai manusia yang berbudaya khas Sulawesi yang merupakan bagian dari manusia Indonesia,” ungkapnya. “Dari kesadaran ini lah nasionalisme dapat terwujud melalui akar budaya yang kuat dank has seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika,” tambah wagub melanjutkan sambutan Gubernur Longki Djanggola.   

Senada dengan Putu, dalam sambutan lepasnya, Wagub mengatakan bahwa Pemda terus berusaha membenahi museum supaya menjadi destinasi wisata Sulteng. “Sehingga dengan melihat museum berarti Kita sudah melihat Sulawesi Tengah secara keseluruhan,” ujarnya.

Selain itu, Wagub memotivasi PNS di lingkungan museum supaya tetap eksis, tetap semangat mengabdi dan memajukan museum. “Saya harap museum tidak kalah dengan Togean, museum juga harus jadi destinasi wisata, olehnya itu harus ditata dengan baik supaya museum jadi kebanggaan Kita,” pungkasnya.

Pembukaan pameran dilakukan simbolis dengan pemotongan pita di pintu masuk ruangan display koleksi museum oleh Wagub Sudarto didampingi Ketua Asosiasi Museum Indonesia, Kadis Dikbud Ardiansyah dan Kepala UPT Museum Muslimah.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 21 September 2016 00:37

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3552
mod_vvisit_counterYesterday7159
mod_vvisit_counterThis week46801
mod_vvisit_counterLast week43023
mod_vvisit_counterThis month128708
mod_vvisit_counterLast month172777
mod_vvisit_counterAll days7884372

We have: 51 guests, 44 bots online
Your IP: 54.158.157.214
 , 
Today: Jan 21, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id