?> "GEMAR IKAN"
Minggu, 17 Desember 2017

"GEMAR IKAN"

  • PDF

Selasa 4 September 2011, Dinas Kelautan & Perikanan Daerah Propinsi Sulawesi Tengah  menggelar acara lomba masak serba ikan dalam rangka gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2011

Acara yang sangat positif dan baru pertama kali di gelar di Sulawesi Tengah ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Tengah (Drs, Rais Lamangkona, MT) mewakili Gubernur. Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan harapan-harapan antara lain :

Pembangunan kelautan perikanan harus dapat mendukung upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan sebagai bagian dari upaya mensukseskan program nasional yaitu mengurangi angka kemiskinan (pro poor); menciptakan kesempatan kerja dan berusaha, (pro job); meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, (pro growth); dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan, (pro enviroment).

Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh manusia utamanya untuk perkembangan sel-sel otak yang dimulai saat janin,balita sampai usia dewasa karena ikan kaya akan asam lemak omega  3, vitamin dan berbagai mineral. selain itu mengkonsumsi protein ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mencegah resiko serangan penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker. beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan 3 kali dalam seminggu akan mengurangi resiko stroke sebesar 6 persen. tersediannya sumberdaya manusia berdaya saing menjadi salah satu bagian yang penting. kecerdasan, kesehatan dan ketrampilan merupakan tiga indikator utama yang digunakan untuk mengukur sumberdaya manusia yang berdaya saing.terbangunnya kecerdasan dan kesehatan, serta ketrampilan itu tentunya sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh manusia sejak dalam kandungan sampai kepada akhir hayatnya. Oleh sebab itu Pemerintah Daerah Sulteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar acara lomba masak serba ikan, hal ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar makan ikan, dan juga memiliki menu yang bervariasi, hal ini juga salah satu cara untuk mendongkrak wisata kuliner Sulteng, selain itu acara tersebut juga dimeriahkan dengan lomba menggambar, serta lomba paduan suara menyanyikan mars Gemarikan. Acara sosialisasi Gemarikan juga di hadiri oleh Ketua PKK Provinsi Sulawesi Tengah (Ny.Hj,Zalzulmida A Djanggola,) sekaligus berkesempatan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba.

Dalam acara ini dilakukan pula penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Kelautan dan Perikanan  daerah Sulawesi Tengah dengan Bank Panin. Kerjasama merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap kondisi lingkungan dalam mengantisipasi dampak pemanasan global, di samping sebagai upaya penyelamatan dan pengelolaan sumberdaya air.

 

 

 

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 05 Oktober 2011 04:16

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday143
mod_vvisit_counterYesterday10189
mod_vvisit_counterThis week143
mod_vvisit_counterLast week94018
mod_vvisit_counterThis month203325
mod_vvisit_counterLast month326599
mod_vvisit_counterAll days11660124

We have: 119 guests, 3 bots online
Your IP: 54.226.113.250
 , 
Today: Des 17, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id