?> YLKI Sulteng Fokus Wujudkan Konsumen Cerdas
Kamis, 21 Februari 2019

YLKI Sulteng Fokus Wujudkan Konsumen Cerdas

  • PDF

POSKOaduanKonsumen.jpg

YLKI Sulawesi Tengah terus berupaya meningkatkan kesadaran konsumen. Salah satunya dengan meluncurkan posko layanan pengaduan konsumen dalam merespon laporan-laporan konsumen atas ketidak puasan layanan jasa dan produk maupun perlakuan tidak adil yang diterimanya dari pelaku usaha.

Hal ini diapresiasi Gubernur Longki Djanggola lewat Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Faisal Mang, MM saat meluncurkan posko pelayanan pengaduan konsumen, bertempat di Halaman Pogombo, Sabtu (21/4).

Menurutnya yang saat itu membaca sambutan gubernur, perlindungan konsumen sejatinya sudah mempunyai payung hukum yang jelas lewat UU No. 8 Tahun 1999 tapi belum maksimal melindungi konsumen dikarenakan masih banyak yang tidak tahu harus kemana melapor bila terjadi sengketa dengan pelaku usaha.

“Dampak yang terjadi adalah konsumen mendiamkan dan memasrahkan nasibnya padahal sebenarnya dia dirugikan,” ungkap asisten menggambarkan kondisi saat ini.

Bahkan hal ini semakin diperkuat dengan hasil survey IKK (Indeks Keberdayaan Konsumen) Indonesia Tahun 2016 yang hanya 30,86 % atau lebih kecil dari IKK masyarakat Eropa yang di atas 50 %, atau berarti konsumen nasional belum mampu memperjuangkan hak-haknya.

Dengan peluncuran posko pengaduan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kolektif semua kalangan khususnya pelaku usaha akan pentingnya hak dan kewajiban konsumen yang harus dipenuhi, serta dalam rangka mewujudkan konsumen cerdas di Sulawesi Tengah.

“Yaitu konsumen yang melek dan paham akan hak dan kewajibannya serta kritis dan berani mengadu, melaporkan bila hak-haknya dirugikan,” serunya.

Sementara Ketua YLKI Sulteng Salman Hadiyanto menjelaskan, selain peluncuran posko pengaduan, pihaknya juga getol membuat penyuluhan-penyuluhan yang merangkul masyarakat supaya lebih melek terhadap hak dan kewajibannya sebagai konsumen seperti disampaikan asisten pada sambutan.

“Kegiatan-kegiatan yang Kami buat seperti sosialisasi, jalan santai, lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak, posko (pengaduan) dan nanti ada lokakarya nasional dalam rangka memperingati hari konsumen,” singkatnya.{jcomments on}

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 23 April 2018 02:09

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday304
mod_vvisit_counterYesterday5781
mod_vvisit_counterThis week21722
mod_vvisit_counterLast week27574
mod_vvisit_counterThis month88470
mod_vvisit_counterLast month143969
mod_vvisit_counterAll days14168782

We have: 17 guests, 3 bots online
Your IP: 54.173.237.152
 , 
Today: Feb 21, 2019
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id