?> Penting Kenali Kepribadian Anak Kita
Senin, 23 Juli 2018

Penting Kenali Kepribadian Anak Kita

  • PDF

IBUGUB.jpg

Seminar kesehatan jiwa anak dan remaja dengan tema "kenali anak kita" yang dilaksanakan oleh RSUD Madani secara resmi dibuka oleh Bunda Paud / Bunda Anak Harapan Bangsa, Hj.Zalzulmida A.Djanggola,SH.,CN di Hotel Mercure (19/4).

Dalam sambutannya memberikan apresiasi segala bentuk usaha dari pihak rumah sakit umum daerah madani, yang telah menjadikan program unggulan pelayanan kesehatan dalam deteksi gangguan tumbuh kembang anak dan remaja. Untuk itu mari kita manfaatkan sarana layanan kesehatan yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah prov.sulawesi tengah,katanya

Menurutnya, masalah kesehatan jiwa terjadi pada 15% sampai dengan 22% anak-anak dan remaja. Gangguan kesehatan jiwa yang paling sering terjadi adalah gangguan hiperaktif-defisit perhatian "attention deficit-hyperactivity disorder" dimana insidennya diperkirakan 6% sampai dengan 9%. Pada umumnya kasus ini tidak terdiagnosis serta yang mendapatkan pengobatan jumlahnya kurang dari 20%.

Oleh karena itu,perlu diketahui bahwa anak dalam mengembangkan sikap dan perilakunya dalam semua hal, melalui keteladanan orang dewasa yang ada disekitarnya, baik di lembaga paud, keluarga, masyarakat dan media massa, oleh karena itu kita semua memiliki peranan yang sangat penting dalam stimulasi tumbuh kembang anak dan memantau perkembangan anak agar berlangsung sesuai masa periode emasnya, harapannya.

Lebih lanjut, pada kesempatan yang baik ini saya berharap kita semua dapat berperan maksimal dalam memberikan pembinaan terkait kebutuhan anak dan remaja yaitu asuh, asih dan asah. "Dari segi asuh kita harus memenuhi kebutuhan biomedis sang buah hati seperti asupan gizi saat dikandungan sampai dengan dewasa, kebutuhan tempat tinggal, pakaian dan kesehatan, dari segi asih kita harus bisa memenuhi serta memberikan rasa aman baik secara fisik maupun psikis yaitu lebutuhan akan kasih sayang,diperhatikan,dihargai,pujian,mengajarkan tanggung jawab dan kemandirian, dari segi asah kita harus deteksi secara dini dalam stimulasi tumbuh kembang anak misalnya dengan merangsang perkembangan otak anak, sensor motori kreativitas dan merangsang anak agar berinteraksi sesama lingkungan" jelasnya

kesempatan yang lain, Direktur RSUD Madani Prov.Sulawesi Tengah dr.Nirwansyah Parampasi,Sp.PA mengatakan dalam sambutan bahwa kegiatan seminar ini merupakan rangkaian HUT Prov. Sulawesi Tengah ke 54 yang kebetulan bersamaan HUT RSUD.Madani tanggal 13 April, tuturnya.

Kegiatan seminar ini diikuti oleh petugas kesehatan di puskesmas se-sulawesi tengah, orang tua pasien di rs.madani dan klinik anak berkebutuhan khusus yang ada di kota palu, guru tk dan sd serta para pemerhati anak berkebutuhan khusus. Adapun narasumbernya psikiater kesehatan jiwa anak dan remaja RSJ.Dr.Soeharto Heerdja Grogol Jakarta dr.Hasrini Rowawi,SpKJ(k) A&R,MHA dan Psikolog Klinis Pemerhati Anak Berkebutuhan Khusus RSUP.Sardjito Jogjakarta dr.Indria Laksmi Gamayanti,M.Si,Psikolog.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 19 April 2018 07:12

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3174
mod_vvisit_counterYesterday6700
mod_vvisit_counterThis week9874
mod_vvisit_counterLast week59060
mod_vvisit_counterThis month151894
mod_vvisit_counterLast month4010
mod_vvisit_counterAll days12917490

We have: 113 guests, 1 bots online
Your IP: 54.158.248.112
 , 
Today: Jul 23, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id