?> Pemerintah Harus Hadir Di Tengah Masyarakat
Sabtu, 21 Juli 2018

Pemerintah Harus Hadir Di Tengah Masyarakat

  • PDF
sekdaDiklatPIM.jpg

Penyelenggaraan pemerintah yang baik adalah yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas, serta dapat selalu siap ketika masyarakat membutuhkan pelayanan. Bahkan sebelum masyarakat membutuhkan pelayanan, pemerintah dapat dengan segera untuk hadir memberikan melayaninya. Terakhir, pemerintahan yang baik adalah yang dapat memberi rasa aman terhadap rakyat. 

Hal itu diungkapkan oleh sekretaris daerah provinsi Sulawesi Tengah Drs. H Mohamad Hidayat Lamakarate, M Si ketika mengisi kuliah umum good governance pada Selasa (17/4) dalam acara pendidikan dan pelatihan pimpinan (Diklat Pim) 3 dan 4 Badan Diklat Sulawesi Tengah. 
“Menurut Ryas Rasyid, Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang selalu ada ketika masyarakat membutuhkan, yang paham masalah masyarakatnya. Yang memberi pelayanan sebelum masyarakat meminta, dan dapat menciptakan masyarakat aman”, ungkapnya. 
Sekda Hidayat pun memaparkan bagaimana setiap individu aparatur abdi negara memiliki peran yang penting, menurut bidangnya masing-masing dalam kerangka organisasi. Olehnya diperlukan kerjasama dan koordinasi dalam melakukan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat. 
Dan point penting lainnya yang digarisbawahi oleh Hidayat, yang wajib dimiliki aparatur sipil negara adalah jiwa pelayan masyarakat. Dengan tingginya tuntutan masyarakat terhadap pemerintah, para abdi negara secara otomatis juga diharuskan meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya, yang tentu dibarengi dengan peningkatan rasa melayani yang tulus, dan secara cerdas melihat kebutuhan masyarakat. “Bagi ASN Pelayanan adalah tugas utama, jangan hanya terpaku memberi pelayanan terbatas pada tupoksi sendiri saja”, paparnya. 
Ia meminta agar para peserta Diklat Pim 3 dan 4 setelah mendapat materi di tempat tersebut, sepulangnya dapat menerapkan di organisasi perangkatnya masing-masing. Agar apa yang telah didapat serta waktu yang telah dilewati tidak terbuang percuma. Sebagai penutup, seperti yang telah diungkapkan diawal materi. Sekda mengatakan bahwa seorang ASN yang kinerja atau perilakunya buruk, secara langsung juga memberikan imbas yang negatif terhadap organisasi, menurutnya kerjasama dan terus berkoordinasi menjadi kunci penting dalam menjalankan pemerintahan yang baik. “Seorang oknum akan memberikan dampak kepada seluruhnya”, terangnya. 

Materi yang dibawakan oleh Sekda Hidayat terlihat begitu mengena oleh peserta, pasalnya ia memberi ruang kebebasan untuk diskusi secara utuh tanpa melihat pangkat dan jabatan. Hidayat menyampaikan bahwa disinilah seharusnya kita dapat berbagi mengenai berbagai macam hal untuk kemajuan Sulawesi Tengah. Yang terpenting juga bagi para aparat sipil negara menurutnya, adalah memahami visi dan misi gubernur. Sehingga di lapangan dalam pengabdiannya kepada masyarakat juga sesuai dengan visi-misi tersebut.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 19 April 2018 00:21

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1666
mod_vvisit_counterYesterday7384
mod_vvisit_counterThis week54137
mod_vvisit_counterLast week40348
mod_vvisit_counterThis month137097
mod_vvisit_counterLast month4010
mod_vvisit_counterAll days12902693

We have: 102 guests, 2 bots online
Your IP: 54.224.216.155
 , 
Today: Jul 21, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id