?> BPN Sulteng Ditargetkan Kelarkan 80000 Sertifikat Tanah
Jumat, 23 Februari 2018

BPN Sulteng Ditargetkan Kelarkan 80000 Sertifikat Tanah

  • PDF
rakerTANAH2.jpg

Palu, bertempat di BW Coco hotel, jalan Basuki Rahmat pada (30/1) kantor wilayah badan pertanahan nasional provinsi Sulawesi Tengah menggelar rapat kerja. Acara tersebut bertema “Strategi Percepatan Sertipikasi Tanah Untuk Rakyat”, tema tersebut sesuai dengan semangat pemerintah dalam melayani masyarakat, serta melakukan percepatan program strategis pertanahan. 

 Undang undang nomor 5 tahun 1960 dan selanjutnya diperjelas melalui Peraturan pemerintah nomor 24 tahun 1997, pemerintah memiliki kewajiban menyelenggarakan pendaftaran tanah yang sederhana, aman, terjangkau, mutakhir dan terbuka. Berdasarkan amanat Undang undang tersebut, kantor wilayah badan pertanahan menggelar rapat kerja yang rencananya berlangsung hingga Kamis 1 Februari mendatang, dan diikuti tak kurang dari 148 peserta dari seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Tengah. 

Pada akhirnya ketua panitia Saikun, SH. Mengatakan bahwa rapat kerja tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan peraturan-peraturan yang terkait pendaftaran tanah milik masyarakat, serta darinya lahir pula draft berbagai rumusan kebijakan baru bagi solusi atas berbagai permasalahan di bidang pertanahan. Sehingga menurutnya pelayanan dan percepatan program strategis pertanahan dapat memberikan kesejahteraan yang nyata kepada rakyat. “Raker ini diharapkan dapat merumuskan langkah-langkah percepatan, dan pelaksanaan program kami angkat pada rakernis kali ini strategi percepatan sertipikasi tanah untuk rakyat”, kata Saikun.
Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, MSi yang secara resmi membuka rapat tersebut mengatakan bahwa rapat yang diselenggarakan oleh badan pertanahan nasional (BPN) Sulawesi Tengah merupakan sebuah langkah yang sangat strategis. Menurut gubernur Longki forum ini diharapkan menjadi jembatan penghubung dalam menyamakan persepsi, serta berkoordinasi dalam tugas-tugas aparatur agraria dan tata ruang (ATR) yang berada di kabupaten/kota dengan aparatur ATR yang ada di provinsi, maupun yang ada di pusat. 
Gubernur Longki mengatakan dalam sambutannya, bahwa jumlah bidang tanah di Indonesia pada tahun 2018, yang berdasarkan data BPN pusat  mencapai 126 juta bidang. Dari jumlah tersebut baru 40 juta bidang tanah yang tersertipikat. Dengan kata lain jumlah bidang tanah yang tersertipikat kurang dari setengahnya. Ia menilai bahwa tanah yang belum mendapat sertifikat memiliki potensi kerawanan masalah hukum di kemudian hari jika tidak segera ditangani. 
Ia menyampaikan, bahwa rapat strategis tersebut diharapkan dapat menjalankan amanah undang undang sekaligus memenuhi target presiden republik Indonesia Joko Widodo yang pada tahun 2025 mengharuskan seluruh bidang tanah di Indonesia memiliki sertipikat. Gubernur yang memiliki catatan capaian kinerja BPN/ATR 2017 mengapresiasi hasil kerjanya,  dimana berkat kerjasama yang tulus dan ikhlas serta kerjasama yang apik 72000 bidang tanah di Sulawesi Tengah telah tersertipikat. “Dan kemarin secara nasional penyerahan bersama, dan ada beberapa provinsi termasuk Sulawesi Tengah dan Alhamdulillah kita juga diakui oleh ibu dirjen melampaui target, sehingga secara nasional Sulawesi Tengah mendapat kesempatan penyerahan sertipikat secara langsung oleh bapak presiden. Terimakasih BPN Sulawesi Tengah”, ungkap gubernur Longki.
Gubernur juga mengapresiasi langkah BPN/ATR yaitu dengan menyelenggarakan pendaftaran tanah sistematis langsung (PTSL), pasalnya menurut gubernur program tersebut dilaksanakan secara serentak, pada sebuah objek di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu gubernur optimis dengan kenaikan target sebanyak 80 ribu sertipikat pada tahun 2018, dapat dicapai oleh BPN Sulawesi Tengah. 
Maka pada gelaran tersebut gubernur Longki juga meminta kepada peserta yang hadir untuk dapat menciptakan ide gagasan yang kreatif dan inovatif. Guna menyelesaikan permasalahan di lapangan yang masih kerap ditemui. Ia menyebut beberapa permasalah tersebut. Diantaranya minimnya petugas ukur di lapangan yang masih minim, ia memberi sumbang saran yaitu, agar BPN/ATR di wilayah kabupaten kiranya  dapat memberdayakan masyarakat sekitar, yang lulus kualifikasi minimal sebagai petugas ukur. Guna menyiasati problem tersebut. 
Yang pada gilirannya menurut gubernur program PTSL dapat berjalan lancar sesuai dengan keinginan dan target presiden Joko Widodo. “Harapan saya dapat ini dapat memberi ide dan gagasan yang kreatif, dan untuk mensiasati minimnya petugas ukur, kabupaten hendaknya dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Saya kira ini adalah harapan dan perintah langsung bapak presiden langsung, dan saya mengikuti rapat secara langsung. Harapan beliau kiranya aparat-aparat BPN dapat memberdayakan masyarakat lokal yang ada di sekitar untuk membantu, bapak presiden sudah memberi warning”, tutur Gubernur.  
Pada kesempatan yang sama gubernur juga menyampaikan agar BPN/ATR dapat turut serta mendukung pembangunan infrastruktur di daerah dengan menjadi jembatan yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat, menurutnya pembangunan infrastruktur memiliki potensi kerawanan sosial. Harapan tersebut sudah tentu dapat sejalan dengan peraturan presiden nomor 3 tahun 2016 yang diubah dengan peraturan presiden nomor 58 tahun 2017 dan didukung UU nomor 2 tahun 2017 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum, dimana Sulawesi Tengah sedang gencar menggenjot pembangunan infrastruktur. Diantaranya adalah pelabuhan Pantoloan, rehabilitasi sungai Gumbasa, jalan non tol Palu-Parigi, kawasan industri Morowali, kawasan ekonomi khusus Palu dan pembangunan jaringan listrik saluran udara tegangan tinggi (Sutet). 

Menutup sambutannya, gubernur mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya kepada jajaran BPN/ATR yang telah bekerja dan mengabdi kepada masyarakat dengan terus berupaya melakukan percepatan untuk menerbitkan sertipikat tanah bagi rakyat. Sertifikat tersebut menurutnya adalah sesuatu yang sangat berharga dan didambakan.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 31 Januari 2018 05:54

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1587
mod_vvisit_counterYesterday6428
mod_vvisit_counterThis week27297
mod_vvisit_counterLast week31423
mod_vvisit_counterThis month121689
mod_vvisit_counterLast month256671
mod_vvisit_counterAll days12214097

We have: 72 guests, 3 bots online
Your IP: 54.160.153.233
 , 
Today: Feb 23, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id