?> Kerukunan Umat Jadi Tanggungjawab Individu
Jumat, 23 Februari 2018

Kerukunan Umat Jadi Tanggungjawab Individu

  • PDF
natalKAWANUA.jpg

Palu, Gubernur diwakili sekretaris daerah provinsi Sulawesi Tengah Drs. H Mohamad Hidayat, MSi yang menghadiri ibadah syukur natal dan tahun baru 2018 kerukunan keluarga kawanua (KKK) Sulawesi Tengah pada (26/1) di gereja Manunggal, jalan Towua, meminta agar perayaan tersebut dijadikan media introspeksi dalam kehidupan, dan yang terpenting adalah meningkatkan nilai-nilai keimanan. 

 Selain itu, momentum yang baik itu juga kata Hidayat, sebagai media meningkatkan kerukunan dan kebersamaan antara masyarakat Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, dengan terus membangun persaudaraan yang kuat. 

“Melalui perayaan natal ini hendaknya kita jadikan sebagai saling introspeksi dalam kehidupan kita, dan meningkatkan kerukunan dan kebersamaan dalam kehidupan, selalu saling memberi dan berdampingan dengan yang lain, kita bangun persaudaraan yang kuat dengan meneladani sifat Yesus Kristus”, Kata Hidayat. 
Hidayat dalam kesempatan tersebut juga mengajak kepada jemaat gereja, untuk dapat memaknai natal bersama dengan membangun motivasi, semangat dan komitmen agar senantiasa melakukan perbaikan dalam masing-masing pribadi. “bahwa apa yang kita lakukan hari ini, harus lebih baik dari hari kemarin, dan apa yang kita lakukan untuk hari esok harus lebih baik lagi dari hari ini”, cetusnya. 
Secara khusus Hidayat meminta agar menghilangkan rasa persaingan dan perbedaan, antar umat beragama dan antar etnis. Tatapi keduanya harus ditingkatkan rasa solidaritas. Hidayat pun mengatakan komitmen pemerintah untuk selalu hadir guna memenuhi undangan yang diterima dari semua elemen masyarakat. Untuk itu kepada semua elemen masyarakat agar terus berusaha untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan di daerah yang kita cintai Sulawesi Tengah. 
Ia menjelaskan, bagaimana berbagai usaha yang telah dilakukan guna menepis stigma negatif Sulawesi Tengah di masa lampau. Maka setiap individu maupun organisasi masyarakat memiliki kewajiban yang sama dengan pemerintah daerah. Untuk bersama mencegah pemecah belah persaudaraan di bumi Tadulako. “Mari bersama berusaha agar tidak ada yang dapat memecah belah persatuan kita”, seru Hidayat. 
Senada dengan apa yang dikatakan Sekda Hidayat, ketua pimpinan daerah kerukunan keluarga Kawanua Sulteng Dr. Sorento menegaskan bahwa masyarakat Manado maupun Minahasa yang ada disini telah menjadikan Palu Sulawesi Tengah sebagai kampung halamannya, pasalnya ia mengatakan, bahwa telah banyak, bahkan hampir semua jajaran pengurus dilahirkan dan dibesarkan disini. 
“Palu sudah menjadi tanah dan tumpah darah kami, karena sudah banyak pengurus yang sudah lahir disini, kami ingin melestarikan kearifan lokal yang ada di Minahasa kita disini”, kata Sorento. 

Menanggapi apa yang disampaikan Sekda Hidayat, wakil ketua kerukunan Kawanua AKBP Teddy Salawate juga menyatakan kesiapannya guna mendukung program pemerintah. Karena menurutnya kerukunan keluarga Kawanua juga memiliki kepentingan yang sama, yaitu terciptanya kerukunan sesama anak bangsa. “Saya berharap program KKK kedepan agar kita dapat bekerjasama dengan pemerintah dan K3 siap membantu pemerintah. Bersama kita maju dan memajukan Sulawesi Tengah”, Kata Teddy. Yang kemudian ditutup dengan jamuan makan malam yang dipimpin oleh Pdt. Jimmy Mintamaris.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 31 Januari 2018 05:22

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1571
mod_vvisit_counterYesterday6428
mod_vvisit_counterThis week27281
mod_vvisit_counterLast week31423
mod_vvisit_counterThis month121673
mod_vvisit_counterLast month256671
mod_vvisit_counterAll days12214081

We have: 68 guests, 3 bots online
Your IP: 54.160.153.233
 , 
Today: Feb 23, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id