?> Aptakindo Mesti Siap Hadapi Persaingan Bebas
Jumat, 23 Februari 2018

Aptakindo Mesti Siap Hadapi Persaingan Bebas

  • PDF
aptakindo.jpg

Palu, Pemerintah provinsi melalui asisten gubernur bidang administrasi umum dan organisasi Mulyono, SE., Ak., MM meminta kepada asosiasi profesi tenaga ahli konstruksi Indonesia (Aptakindo) agar mengusung program pendidikan dan pelatihan serta melakukan pembinaan bagi anggotanya. 

Permintaan tersebut disampaikannya pada pembukaan musyawarah badan pimpinan provinsi Aptakindo pada (25/1) yang pertama digelar. Asisten Mulyono yang membaca sambutan  gubernur, menyampaikan bahwa prioritas pertama dalam musyawarah tersebut adalah guna menyiapkan sumberdaya manusia yang handal di bidang konstruksi sekaligus dapat menyelenggarakan sertifikasi sesuai standar kerja. 

“Adanya sertifikasi dan standar kompetensi SDM yang memadai, saya percaya akan berdampak baik, guna melindungi hak-hak kesejahteraan tenaga konstruksi di daerah. Utamanya dalam menghadapi era pasar bebas yang sedemikian kompetitif sekarang”, terang Asisten Mulyono. 
Selain hal itu, ia pun berharap agar dalam musyawarah tersebut menghasilkan keputusan yang cerdas dan juga menggairahkan perkembangan dunia usaha konstruksi di Sulawesi Tengah. Wabil khusus dalam pemerataan dan kesinambungan pembangunan infrastruktur. 
Dalam kesempatan tersebut ketua lembaga pengembangan jasa konstruksi (LPJK) daerah Dani Maowala pun memberi apresiasi kepada Aptakindo. Ia juga mengingatkan agar Aptakindo dapat bersama mengembangkan dengan kesepakat bersama anggotanya, ia menjelaskan bahwa di masa yang akan datang, sesuai dengan undang-undang nomor 2 tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, sertifikasi yang sebelumya ada di tangan LPJK, maka menjadi tanggung jawab asosiasi yang bersangkutan. 
Dani mengingatkan agar Aptakindo dapat benar-benar melakukan tugas tersebut dengan paripurna, bukan justru sebaliknya hanya sebagai pelengkap administratif belaka. UU Nomor 2 tahun 2017 Tentang Jasa Kontruksi  mewajibkan asosiasi bertanggungjawab yang sebelumnya LPJK, peningkatan dari segala aspek. Tidak hanya standar administratif belaka, tetapi kompeten dan profesional. Yaitu dengan penyiapan tenaga yang dibekali berbagai kemampuan. Mohon maaf kami sampaikan ini, ini kondisi riil”, kata Dani.
Kehadiran Aptakindo di Sulawesi Tengah merupakan yang ke 26 di Indonesia, dan kehadiran tersebut merupakan usahanya dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di bidang konstruksi. Pasalnya pembangunan di dalam negeri yang sangat pesat jika tidak di atensi dengan peningkatan kualitas pekerja, maka akan berimbas menurunnya daya saing pekerja lokal dibandingkan dengan tenaga kerja asing. Hal itu disampaikan oleh ketua umum badan pimpinan Aptakindo Drs. Mukhlis Aziz. 
“Karena globalisasi tidak bisa kita tolak, bagaimana mencegah tenaga asing masuk di daerah. Maka kita wajib punya tenaga kerja terdidik dan terpercaya, dan mulai berlaku 2018, dan kami terus mempersiapkan”, jelas Aziz. 
Musyawarah dilakukan guna menyiapkan anggota Aptakindo yang profesional dan berdaya saing di dalam dunia Konstruksi, oleh karena itu pemegang mandat Aptakindo Sulawesi Tengah Rusdin LM menegaskan kesiapannya dalam melahirkan tenaga yang profesional pun berdaya saing, senada dengan yang disampaikan sebelumnya, ia mengatakan tanpa profesionalisme tenaga kerja lokal yang dimiliki daerah akan sulit bersaing dengan tenaga asing. 
“Aptakindo tempat berkumpul dan belajar, kami akan merangkum mereka mendapat sertifikasi keahlian. Karena banyak badan usaha yang mensyaratkan sertifikat keahlian yang dikuasai. Agar tidak diambil dari luar”, terang Rusdin. 
 
Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 31 Januari 2018 05:08

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1570
mod_vvisit_counterYesterday6428
mod_vvisit_counterThis week27280
mod_vvisit_counterLast week31423
mod_vvisit_counterThis month121672
mod_vvisit_counterLast month256671
mod_vvisit_counterAll days12214080

We have: 68 guests, 3 bots online
Your IP: 54.160.153.233
 , 
Today: Feb 23, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id