?> Dengan Semangat Hari Ibu, Stop Perkawinan Anak
Kamis, 19 April 2018

Dengan Semangat Hari Ibu, Stop Perkawinan Anak

  • PDF

STOPperkawinanAnak.jpg

Dalam UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, di jelaskan perkawinan hanya di izinkan bila pihak pria mencapai 19 tahun dan wanita sudah mencapai 16 tahun, sangat jelas tertulis dalam UU perkawinan tersebut, umur menjadi salah satu syarat mutlak melakukan perkawinan.

Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak perkawinan yang telah dilakukan sebelum mencapai batas umur yang ditentukan yang lebih sering dikenal dengan istilah perkawinan dini atau perkawinan anak.

Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan, baik fisik maupun psikologi anak yang menikah diusia muda, organ reproduksinya belum berfungsi secara optimal selain itu, secara psikologi belum siap untuk menjadi ibu dalam arti kemampuan mengasuh anak.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr. Ir. Rusdi Bachtiar Rioeh, S.Pi, MPM, MM dalam acara talk show gerakan stop perkawinan anak dan pelepasan rombongan bhakti sosial dalam rangka peringatan hari ibu ke-89, Jum’at 15 Desember 2017.

Menurut gubernur, data jumlah penduduk tahun 2015 berjumlah 2.876.689 orang, berdasarkan hasil proyeksi, penduduk tahun 2015 sekitar 34, 03 persen dari total penduduk berusia 0-17 tahun yang tergolong anak.

Berdasarkan data provil anak DP3A Sulteng tahun 2016, bahwa secara total presentase anak umur 15-19 tahun terdapat sebesar 6,64 persen berstatus kawin dan pernah kawin, hal ini sangat menjadi perhatian bagi pemerintah daerah dan masyarakat Sulteng untuk mewujudkan anak sebagai generasi muda berkualitas, dan melakukan pemberian perlindungan khusus dan pemenuhan hak yang dimiliki anak.

“Untuk itu, diperlukan komitmen bersama dalam mencegah pernikahan anak melalui pemahaman terhadap isu-isu yang merugikan tumbuh kembang anak, melalui interfensi pencegahan pernikahan anak oleh orang tua, pengasuh, atau orang yang bertanggung jawab atas anak yang menjadi salah satu kunci untuk memutuskan mata rantai praktek perkawinan anak,” jelas gubernur.

Senada, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rohika Kurniadi Sari, SH, M.Si.

Menurut Rohika Sari, 34% jumlah penduduk Indonesia atau 87 juta orang adalah anak, yang harus mendapatkan pemenuhan hak anak dan perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi termasuk dari praktek perkawinan anak.

Perkawinan anak adalah merupakan pelanggaran atas hak anak yang merupakan bagian dari hak anak manusia. Berdasarkan data bahwa perkawinan anak saat ini sangat memprihatinkan. Perkawinan usia anak masih banyak terjadi di Indonesia, 1 dari 6 atau 17% anak perempuan menikah pada usia anak, yaitu sebelum mencapai 18 tahun.

“KPP-PA sebagai Kementerian yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan terkait pemenuhan hak anak dan perlindungan anak akan melakukan kegiatan yang bersifat strategis yang diwujudkan melalui ‘Gerakan Bersama untuk Stop Perkawinan Anak’ yang dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media yang dilaksankan secara serentak mulai bulan November 2017 di lima wilayah, salah satu diantaranya adalah Provinsi Sulawesi Tengah,” jelas Rohika Kurniadi Sari.

Selain pelaksanaan Talk Show dalam rangka memperingati hari ibu yang ke-89, juga dilaksanakan bhakti sosial dan anjangsana atau kunjungan ke lapas dan rumah sakit undata serta pemberian bingkisan kepada keluarga atau masyarakat yang kurang mampu.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 18 Desember 2017 00:55

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday5093
mod_vvisit_counterYesterday6630
mod_vvisit_counterThis week45547
mod_vvisit_counterLast week50898
mod_vvisit_counterThis month140057
mod_vvisit_counterLast month183579
mod_vvisit_counterAll days12570564

We have: 65 guests, 10 bots online
Your IP: 107.22.48.243
 , 
Today: Apr 19, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id