?> Forum Filantropi Pertajam Program Pemberdayaan SDGs ke Masyarakat
Jumat, 20 April 2018

Forum Filantropi Pertajam Program Pemberdayaan SDGs ke Masyarakat

  • PDF

FILANTROPIFORUM2017.jpg

Lembaga filantropi seperti BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) juga berandil penting dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 Hal ini diutarakan Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Faisal Mang, MM saat mewakili gubernur di acara Philanthropy Learning Forum di aula kampus IAIN Palu, Senin (11/12).

Forum strategis yang tujuannya menyamakan persepsi antar lembaga filantropi itu disambut baik gubernur dalam sambutan tertulisnya. "Guna mengoptimalisasi program-program (lembaga) ke masyarakat yang berbasiskan pada pemberdayaan dan juga dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan lewat keterlibatannya dalam SDGs," beber Asisten Faisal Mang.
Menurutnya, saat ini masih banyak lembaga filantropi baik nasional maupun di daerah yang belum memahami SDGs dan perangkatnya secara utuh. 
Padahal dengan pemahaman yang baik lanjutnya akan mempertajam program pemberdayaan masyarakat yang dikaitkan dengan target dan indikator SDGs.
Olehnya hasil-hasil yang didapat peserta dari forum diharap asisten dapat meningkatkan kiprah lembaga filantropi dalam memenuhi target SDGs.
"Lembaga akan bisa mengukur dampak dan kontribusi programnya pada pembangunan sosial dan pembangunan global serta memberikan kesempatan (lembaga) menyebarluaskan program-program yang didesainnya," tandasnya.
Sementara Ketua Baznas Sulteng Prof. Dr. Hj. Dahlia Syuaib mempertegas kontribusi lembaganya baik dalam pemenuhan target SDGs dan percepatan pembangunan daerah. "BAZNAS telah memberi kontribusi terhadap pengembangan zakat (di Sulteng) yang bersumber dari ASN sehingga diharap ASN menyetor zakatnya sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya," singkatnya.
Turut menghadiri forum itu, Deputi BAZNAS pusat Arifin Purwakananta, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia Hamid Abidin, Kepala Bappeda Sulteng Prof. Dr. Rer. Pol. Patta Tope, para akademisi dan perwakilan lembaga filantropi se Sulteng.
Terakhir Diperbaharui pada Senin, 11 Desember 2017 08:46

Add comment


Security code
Refresh