?> Festival Pesona Lipuku Promosikan Wisata Tojo Unauna
Senin, 20 November 2017

Festival Pesona Lipuku Promosikan Wisata Tojo Unauna

  • PDF
festivalLIPUKU.jpg

Festival Pesona Lipuku dengan tema "Indahnya kampungku, indahnya Indonesia" resmi dibuka Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si di Ampana, Ibukota Kabupaten Tojo Unauna, Sabtu(21/10).

Acara pembukaan dihadiri elemen kementerian pariwisata, pemerintah daerah, bupati dan wakilnya, penggiat pariwisata dan seni serta dipadati masyarakat Ampana yang tumpah ruah di lokasi.
Festival akan berlangsung dari 21 Oktober hingga 11 November yang diisi dengan atraksi seni budaya, lomba lari 10K, motor trail adventure, tur sepeda, kompetisi band, lomba pancing, foto drone dan reli foto, kuliner dan workshop.
Peserta tiap kegiatan tutur panitia bukan hanya berasal dari Tojo Unauna, bahkan ada yang datang dari luar daerah seperti Gorontalo, Jakarta, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Total peserta yang sudah mendaftar lanjutnya mencapai 2500 orang.
"Kegiatan berpusat di beberapa kecamatan seperti Ratolindo, Ampana Kota, Ampana Tete, Togean dan Walea," ungkap panitia dalam laporannya. 
Bupati Moh. Lahay, SE menaruh optimisme festival pesona Lipuku akan berefek promotif sekaligus ekonomi bagi kemajuan pariwisata daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.
Ia katakan pariwisata Touna adalah miniatur pariwisata nasional yang bisa mendongkrak jumlah wisatawan.
"Kami menargetkan kedatangan 3000 wisatawan, mancanegara maupun domestik menikmati kegiatan ini," harap bupati.
Gubernur Longki menguatkan bahwa festival Lipuku adalah wujud kepedulian untuk mem-branding dan mengindustrikan keragaman budaya seni, keindahan alam dan potensi lainnya guna meningkatkan kunjungan turis ke Touna.
"Saya harap (festival Lipuku) akan berguna mempromosikan Tojo Unauna sebagai alternatif destinasi dan karya masterpiece yang mentransfer nilai-nilai keindahan, kebudayaan, keunggulan dan kegunaan," ujarnya. 
Untuk menggarap destinasi wisata unggulan di Touna, ada beberapa aspek yang mesti diperhatikan seperti daya tarik objek wisata, aksesbilitas moda transportasi yang memudahkan wisatawan ke objek tujuan dan tidak kalah penting, kelengkapan fasilitas penunjang kenyamanan. 
Olehnya dalam waktu dekat, lanjut gubernur, Kemenkumham akan membuka kantor imigrasi di Ampana untuk memudahkan turis mengurus visa dan paspor serta ditambah lagi money changer di Ampana dan Togean untuk membantu turis menukar uang.
"Saya harap pemkab, kementerian pariwisata dan perhubungan membantu kelancaran moda laut ke Togean," tambah gubernur. 
Seiring pelaksanaan Tour de Central Celebes yang diikuti pembalap sepeda dari 30 negara dan mengambil start di Ampana, tanggal 6 November, gubernur tegaskan merupakan strategi memelihara dan memuluskan jalan di sejumlah etape yang dilewati, termasuk menuju Ampana, yang gilirannya berdampak pada kelancaran aksesbilitas dan membantu pariwisata.
"Besar harapan Saya, masyarakat turut membantu dengan menjadi tuan rumah yang baik bagi para pembalap yang akan mempromosi Togean," pungkasnya.
Pembukaan malam itu turut dimeriahkan penampilan tari-tarian, musik etnik dari bahan bambu dan pesta kembang api.
Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 25 Oktober 2017 00:30

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday5903
mod_vvisit_counterYesterday7933
mod_vvisit_counterThis week13836
mod_vvisit_counterLast week79820
mod_vvisit_counterThis month220058
mod_vvisit_counterLast month354024
mod_vvisit_counterAll days11350258

We have: 258 guests, 10 bots online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id