?> Sekprov Imbuh Keseimbangan Imtak dan Iptek Pada Wisudawan IAIN Palu
Kamis, 19 Oktober 2017

Sekprov Imbuh Keseimbangan Imtak dan Iptek Pada Wisudawan IAIN Palu

  • PDF

wisudaIAIN2017.jpg

Keseimbangan penguasaan Imtaq dan Iptek secara terpadu dalam kehidupan sehari-hari, merupakan kunci pokok dari keberhasilan individu, masyarakat serta Negara, dan semua itu bermuara dari pendidikan. Melalui pendidikan diharapkan tertata basis nilai, pemikiran dan moralitas bangsa agar mampu menghasilkan generasi yang tangguh dalam keimanan, kokoh dalam kepribadian, kaya dalam intelektual dan unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan benar-benar menjadi tonggak bagi pembentukan karakter bangsa atau khaira ummah (umat terbaik), yang mampu berperan sebagai khalifah fil ard (pemimpin di bumi).

 

Mencermati hal tersebut, maka perguruan tinggi, termasuk IAIN Palu, sebagai salah satu mata rantai penyelenggara pendidikan Islam, turut dihadapkan pada berbagai tantangan di era global sehingga IAIN dituntut dapat memainkan peranan penting dalam tugasnya. Oleh karena itu, pengembangan kampus II IAIN Palu yang sudah dimulai tahun 2017, yang berlokasi di Kabupaten Sigi, sangat tepat, sebagai wujud nyata dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas di daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Sekertaris Daerah Provinsi, Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si dihadapan 474 wisudawan pada acara wisuda sarjana dan pasca sarjana (magister) Institut AgamaIslamNegeri(IAIN) Palu Sulteng, Selasa, 10 Oktober 2017.

Memang masalah pendidikan agama Islam, bukanlah hal yang mudah dan bukan pula hal kecil, karena menyangkut pemahaman atau pemaknaan agama Islam, yang berkaitan erat dengan wahyu Allah. Dalam waktu bersamaan juga mencakup amaliah atau pengamalan ajaran Islam, yang seharusnya mampu mengangkat harkat dan martabat umatnya, namun hingga kini harapan tersebut belum seluruhnya terwujud.

“Oleh karena itu, kedepan sangat dibutuhkan kerja sama kita semua, baik pemerintah, masyarakat maupun kalangan akademisi, keberadaan IAIN Palu di tengah-tengah masyarakat sangat memberi andil yang cukup besar dalam pembinaan umat, kemajuan ekonomi, politik dan budayaserta sektor riil lainnya,” sebut Gubernur.

Hal ini dibuktikan dengan persebaran alumni IAIN Palu yang tidak hanya pada bidang keagamaan, seperti guru, penyuluh atau muballig, tetapi kenyataan membuktikan, bahwa alumni IAIN Palu juga ada yang menjadi politisi, budayawan, komisioner KPU maupun Panwaslu, seniman, TNI POLRI bahkan tehnokrat, sehingga wajarlah kiranya jika masyarakat menaruh harapan besar terhadap lembaga pendidikan.

Tentunya harapan tersebut, harus sejalan dengan upaya peningkatan mutu pelayanan, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, serta luaran perguruan tingginya, dengan kata lain, IAIN Palu harus mampu mengembangkan pendidikan multi kecerdasan yang siap pakai di era globalisasi, dengan terus menguatkan kemitraan dengan pemerintah daerah, khususnya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, untuk mewujudkan Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Hadir pada kesempatan itu, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Dr. Ir. Subandi Sarjoko, M.Sc, Rektor Institut AgamaIslamNegeri(IAIN) Palu, Prof. Dr. Ir. Zainal Abidin, M.Si, Ketua Senat IAIN Palu Dr. Sofyan Bachmid, S.Pd, MM, unsur Forkopimda serta sejumlah pejabat terkait lain.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 12 Oktober 2017 00:16

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4744
mod_vvisit_counterYesterday11817
mod_vvisit_counterThis week46656
mod_vvisit_counterLast week59686
mod_vvisit_counterThis month201975
mod_vvisit_counterLast month373442
mod_vvisit_counterAll days10978151

We have: 191 guests, 7 bots online
Your IP: 54.161.73.123
 , 
Today: Okt 19, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id