?> Balai POM Gelar Aksi Nasional Cegah Penyalahgunaan Obat Ilegal
Jumat, 15 Desember 2017

Balai POM Gelar Aksi Nasional Cegah Penyalahgunaan Obat Ilegal

  • PDF

balaiPOM17.jpg

Penyalahgunaan obat akhir-akhir ini semakin menjadi-jadi, dan bahkan beberapa minggu yang lalu kita sontak dikagetkan dengan pemberitaan kejadian luar biasa yang menggemparkan, yang menimpa para pelajar di Kota Kendari, setelah mengkonsumsi tablet PCC dengan gejala yang muncul seperti kejang-kejang, mengamuk, depresi, berceloteh tidak jelas yang di-ikuti dengan berhalusinasi.

 Peristiwa tersebut, tentu saja menjadi pelajaran penting bagi instansi terkait untuk terus meningkatkan koordinasi dan supervisinya, mengawasi ijin serta peredaran obat-obatan di masyarakat, seraya meningkatkan kewaspadaan masyarakat untuk mengambil langkah-langkah preventif, pencegahan, dan kesiap-siagaan rumah sakit serta instansi medis dalam penanganan pengobatan dan pemulihan korban-korban penyalahgunaan obat.

Oleh karena itu, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sangat menyambut baik terhadap kegiatan pencanangan aksi nasional pemberantasan penyalahgunaan obat secara serentak pada hari ini, tegas Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Gubernur Bidang Administrasi Umum dan Organisasi, Mulyono, Se, Ak, MM, pada acara pencanangan aksi nasional pemberantasan penyalahgunaan obat tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Halaman Balai POM Palu, Rabu, 4 Oktober 2017.

“Berdasarkan laporan Balai POM Palu, saat ini tercatat beberapa kasus penyalahgunaan obat yang menonjol dan sedang ditangani secara mendalam oleh Kepolisian Daerah, dan Sulawesi Tengah sendiri telah membentuk dan memiliki satuan tugas pemberantasan obat dan makanan ilegal, yang kami harapkan totalitas kerjanya dalam melaksanakan inpres nomor 3 tahun 2017, tentang peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan, yang melibatkan institusi terkait berdasarkan tupoksi kewenangan masing-masing,” jelas Gubernur.

Kasus penyalahgunaan obat di Indonesia menurut Gubernur, merupakan permasalahan spesifik, dimana obat-obat itu umumnya masih diperlukan dalam pengobatan medis tapi dilarang peredarannya karena efek samping yang sangat buruk bagi tubuh. Walau begitu, di negara-negara luar dari beberapa obat yang sudah masuk kategori dibatasi atau dilarang peredarannya di Indonesia justru masih beredar luas dan jadi opsi penyembuhan yang ampuh sesuai tujuan terapinya.

Kondisi ini membuat masalah penyalahgunaan obat semakin dilematis, untuk itu, hendaknya diperlukan penanganan khusus lewat pendekatan yang holistik, sebagai upaya preventif maupun represif, yaitu memutus mata rantai pasokan dan permintaan obat ilegal atau yang disalah gunakan dalam rangka cegah tangkal dan penegakan hukum bagi perlindungan masyarakat.

“Melalui momentum pencanangan aksi nasional ini, saya mengimbau kiranya institusi pengawas, regulator, distributor obat, penegak hukum dan masyarakat dapat bekerjasama dalam meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan semua elemen untuk mengantisipasi penyalahgunaan obat-obatan yang tidak sesuai dengan tujuan penyembuhan, ataupun ijin yang dikeluarkan dari otoritas berwenang,” tegas Gubernur.

                Senada, Kepala Balai POM Palu, Drs. Safriansyah, Apt. MM. menurut dia, kegiatan dimaksud merupakan pencanangan aksi nasional terkait pemberantasan obat illegal dan penyalahgunaan obat di Sulawesi Tengah.

                Menurut Safriansyah, beberapa kasus penyalahgunaan obat telah ditindaklanjuti, bahkan sedang ditangani secara mendalam oleh Kepolisian Daerah, dan Sulawesi Tengah sendiri telah membentuk dan memiliki satuan tugas pemberantasan obat dan makanan ilegal karena merupakan masalah bersama yang terstruktur.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 04 Oktober 2017 23:49

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday6103
mod_vvisit_counterYesterday18381
mod_vvisit_counterThis week73969
mod_vvisit_counterLast week92617
mod_vvisit_counterThis month183133
mod_vvisit_counterLast month326599
mod_vvisit_counterAll days11639932

We have: 99 guests, 232 bots online
Your IP: 54.163.210.170
 , 
Today: Des 15, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id