?> Perbankan Syariah Punya Dwi Fungsi Penting
Kamis, 19 Oktober 2017

Perbankan Syariah Punya Dwi Fungsi Penting

  • PDF

bniSYARIAH.jpg

Sistem perbankan syariah, adalah bagian dari muamalah, yaitu hubungan antara manusia dan manusia yang diatur berdasarkan hukum-hukum Al-Qur’an dan As’sunnah. Olehnya, pembukaan kantor BNI Syariah memiliki dwi fungsi penting, yaitu pertama, sebagai manifestasi ibadah ketaatan umat muslim atas perintah-perintah agama dan yang kedua, fungsi ekonomi, sebagai opsi masyarakat dalam bertransaksi keuangan dan berekonomi.

Kehadiran Bank Syariah diharap dapat membantu melayani perekonomian daerah utamanya dalam menunjang pengembangan UMKM yang ada, dengan menawarkan kemudahan dan keunggulan pelayanan buat para nasabah dan mitra usaha BNI Syariah.

Bank Syariah memiliki perbedaan yang sangat fundamental dengan bank-bank konvensional diantaranya adalah Bank Syariah tidak menerapkan perhitungan bunga, yang menurut Al-Qur’an tergolong dalam riba dan justru menggantinya dengan sistem bagi hasil.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah, dalam sambutannya yang dibacakan Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si pada acara Grand Opening Kantor Bank BNI Syariah Palu, Senin, 18 September 2017

Menurut Gubernur, dari segi sosial yang menyangkut hubungan bank dengan nasabah, Bank Syariah menerapkan pola kemitraan berbeda dengan bank konvensional yang menggunakan pendekatan hubungan kreditur-debitur. Selain itu, dalam setiap sistem transaksi yang dilakukan Bank Syariah berada di bawah supervisi dewan pengawas, yang berisi sekumpulan ulama dan ahli ekonomi yang menguasai pemahaman fiqih muamalah.

Walaupun ada perbedaan karakteristik yang cukup kontras antara Bank Syariah dan konvensional, diharapkan tidak menjadi hambatan untuk menjembatani sinergitas insan perbankan dengan pemerintah daerah sebagai bagian aktif mendorong kemajuan ekonomi dan usaha di Sulawesi Tengah.

“Sebagai bank yang sudah menasional, saya yakin BNI Syariah mampu memberikan pelayanan optimal yang terpercaya dan memuaskan ke nasabah, menyerap tenaga kerja baru dan ikut serta mengembangkan potensi-potensi ekonomi dan perdagangan yang ada di daerah secara akseleratif dan inklusif,” Sebut Gubernur.

Senada, Plt. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengakui, sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas layanan, BNI Syariah Kantor Cabang Palu melakukan relokasi yang semula berlokasi di jalan Jenderal Sudirman No. 7, mulai tanggal 11 September 2017 berpindah ke Jl. Professor Muhammad Yamin No. 46.

Menurutnya, BNI Syariah senantiasa berupaya menjadi solusi perbankan syariah bagi seluruh masyarakat yang universal dan modern sehingga keberadaannya dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia.

“Insya Allah, dengan semangat Hasanah dan dukungan dari berbagai pihak BNI Syariah akan selalu memberikan yang terbaik sesuai prinsip syariah untuk memberikan manfaat bagi stakeholder dan seluruh masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, BNI Syariah juga memberikan bantuan berupa peralatan sekolah kepada 100 anak yatim dan bantuan modal usaha kepada 10 kelompok tani di Kabupaten Sigi. Hadir pada kesempatan itu Kepala OJK Sulawesi Tengah M. Syukri A. Yunus, , Direktur Operasional BNI Syariah, Jumaidi Hisom dan Pemimpin Cabang BNI Syariah Palu, M. Hatta Tajang, mewakili Walikota Palu, Unsur Forkopimda, serta unsur terkait lainnya.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 18 September 2017 11:20

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4722
mod_vvisit_counterYesterday11817
mod_vvisit_counterThis week46634
mod_vvisit_counterLast week59686
mod_vvisit_counterThis month201953
mod_vvisit_counterLast month373442
mod_vvisit_counterAll days10978129

We have: 174 guests, 7 bots online
Your IP: 54.161.73.123
 , 
Today: Okt 19, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id