?> Pertumbuhan Ekonomi Sulteng Masih Impresif
Senin, 20 November 2017

Pertumbuhan Ekonomi Sulteng Masih Impresif

  • PDF

Pertemuan_Tahunan_BI_1.jpg

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia cabang perwakilan Sulawesi Tengah dihadiri Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si pada Rabu (14/12), di Hotel Mercure Palu. Acara dihadiri insan keuangan se Sulteng dan SKPD terkait.

Sebelum gubernur memberi sambutan, Kepala Perwakilan BI Sulteng Miyono menyampaikan pengantar tentang kinerja ekonomi Sulteng hingga Desember 2016. Dalam pengantar tersebut diketahui TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) Sulteng menurun dari 4,10 % pada Agustus 2015 menjadi 3,29 % di Agustus 2016.

Program pengentasan kemiskinan yang diintensifkan pemda juga berdampak positif terhadap penurunan persentase penduduk miskin pada Maret 2016 yang tercatat 14,45 % daripada Maret 2015 sebesar 14,66 %.

Terkait perkembangan harga-harga, inflasi Sulteng lanjut Miyono berada dalam level yang rendah dan stabil dimana per November 2016 tercatat 2,31 % (yoy) lebih rendah dibandingkan inflasi nasional 3,58 % (yoy). "Kami yakin inflasi Sulteng di akhir tahun 2016 berada di bawah target inflasi 4 % lebih kurang 1 %," tutur Miyono optimis.

Di bagian lain, Miyono mengatakan intermediasi perbankan juga tetap terjaga, dimana LDR (Loan to Deposit Ratio) posisi Oktober 2016 tercatat 138,37 %. Aset perbankan Sulteng juga tumbuh 5,23 % (yoy) menjadi Rp 27,04 T. Kredit (menurut lokasi bank) mencapai Rp 22,61 T atau tumbuh 12,19 % (yoy) sedangkan DPK (Dana Pihak Ketiga) tercatat Rp 16,34 T atau tumbuh 1,86 % (yoy). Sementara kualitas kredit juga tetap terjaga dengan rasio NPL (Non Performing Loan) masih dalam batas aman 2,52 %.

Gubernur dalam sambutannya, sangat bersyukur atas keterangan Miyono. Walaupun di tengah ketidakpastian ekonomi dunia dan nasional, ekonomi Sulteng masih terjaga pertumbuhannya bahkan mampu tumbuh relatif tinggi dalam 3 tahun terakhir yaitu rata-rata 10,7 % bahkan di triwulan II tahun 2016, ekonomi Sulteng mencatatkan pertumbuhan impresif, tertinggi di Indonesia yaitu 15,52 % (yoy).

"Peningkatan ini terjadi berkat proses hilirisasi migas dan nikel yang berjalan sangat baik," beber Gubernur Longki atas makin kuatnya posisi Sulteng sebagai pionir industrialisasi minerba di Timur Indonesia lewat hilirisasi nikel dan LNG. "Karena itu, langkah-langkah terobosan diharapkan terus dilakukan agar pertumbuhan ekonomi tetap berada di level yang tinggi," ujarnya menambahkan.

Langkah-langkah terobosan yang dimaksud gubernur menyangkut optimalisasi potensi unggulan Sulteng non minerba seperti pertanian, peternakan, dan pariwisata yang kini jadi primadona baru. "Sejak GMT kita mulai bangkit dan memang pariwisata Sulteng sangat diminati wisatawan," tutur gubernur menguatkan potensi wisata Sulteng yang beraneka ragam, meliputi darat, bahari, budaya dan religi.

Olehnya itu, gubernur meminta Kadis Pariwisata Hj. Sitti Norma Mardjanu yang juga hadir di pertemuan agar terus memacu pengembangan pariwisata Sulteng dengan tetap tunduk pada norma, adat istiadat dan kultur lokal yang ada.

Sekaitan dengan pengembangan pertanian dan peternakan, gubernur merasa perlu untuk menambah lagi areal tanam di Sulteng hingga 100 hektar dan 1 juta ternak guna mewujudkan ketahanan pangan. "Kalau ini berhasil, pertumbuhan ekonomi pasti dapat dijaga dan tetap berkualitas, dengan diarahkan ke hilirisasi sektor pertanian dan peternakan," ujarnya.

Ia juga meminta mendorong kembali sektor infrastruktur sebagai enabler pertumbuhan ekonomi khususnya ketersediaan pasokan listrik dan konektivitas jalur transportasi baik darat, laut dan udara.

"Mari kita bersama-sama, bahu membahu, mengawal dan memperkuat transformasi struktural perekonomian menuju Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing," tutup gubernur mengakhiri sambutan.

Setelah paparan Kepala BI dan sambutan gubernur, pertemuan berlanjut dengan paparan economic outlook 2017 : Ekspansi Ekonomi Kecil di Tengah Himpitan Ketidakpastian Global oleh A. Tony Prasetiantono, Ph.D, Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada. (Berita Foto : Harold Humasprov)

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 14 Desember 2016 05:44

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2808
mod_vvisit_counterYesterday7933
mod_vvisit_counterThis week10741
mod_vvisit_counterLast week79820
mod_vvisit_counterThis month216963
mod_vvisit_counterLast month354024
mod_vvisit_counterAll days11347163

We have: 97 guests, 15 bots online
Your IP: 54.80.169.119
 , 
Today: Nov 20, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id