?> Aplikasi Online Mudahkan Pelaporan Keuangan
Senin, 23 Juli 2018

Aplikasi Online Mudahkan Pelaporan Keuangan

  • PDF

simdaONLINE.jpg

Penerapan aplikasi Kasda Online, diharapkan lebih meningkatkan efisiensi, serta efektivitas dalam laporan keuangan yang up to date, dengan pelayanan yang efektif dan efisien, selain itu pihak OPD tidak akan menunggu lama dalam proses pencairan SP2D, serta informasi yang diberikan mengenai pencairan dapat diakses langsung melalui layar monitor.

Oleh karena itu, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah perlu terus ditingkatkan, dengan meningkatkan kompetensi dan tanggung jawab dari segenap aparatur pemerintah di daerah, mencegah korupsi dan memantapkan reformasi birokrasi melalui penerapan aplikasi Simda online, Kasda online dan verifikasi PPK-OPD

Hal tersebut di jelaskan Gubernur Sulawesi Tengah, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum dan Organisasi, Mulyono, SE, Ak, MM pada acara sosialisasi Kasda online Simda Keuangan online dan verifikasi PPK Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bertempat di Ruang Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin12 Maret 2018.

Menurut Gubernur, sesuai Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, PPK-OPD mempunyai tugas antara lain; meneliti seluruh kelengkapan SPP-SPM yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang disampaikan oleh bendahara pengeluaran, dan diketahui oleh PPTK.

Melakukan verifikasi SPP-SPM, dan yang ketiga melaksanakan akuntansi, serta menyiapkan laporang keuangan OPD, PPK-OPD membuat surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTM), beserta check list dan surat pernyataan pertanggungjawaban lainnya untuk syarat mengajukan penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) pada Bendaha Umum Daerah (BUD).

Dikatakannya, dalam hal penyerapan anggaran, ada beberapa hal yang harus digaris bawahi, yaitu selalu tertumpuk di setiap mendekati akhir tahun anggaran, seperti penumpukan realisasi dan pencairan SP2D. realisasi pada akhir tahun anggaran sangat tidak sehat, baik dilihat dari sudut pandang perekonomian, administrasi maupun manajerial keuangan daerah.

“Untuk meningkatkan realisasi belanja, kualitas penyerapan dan pencapaian tujuan pada anggaran tahun depan saudara agar memanfaatkan anggaran belanja secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana dan prioritas program serta semua satuan kerja harus menyusun rencana kegiatan yang sistematis, agar pengeluaran tidak menumpuk di akhir tahun,” jelas Gubernur.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 13 Maret 2018 00:03

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1289
mod_vvisit_counterYesterday6700
mod_vvisit_counterThis week7989
mod_vvisit_counterLast week59060
mod_vvisit_counterThis month150009
mod_vvisit_counterLast month4010
mod_vvisit_counterAll days12915605

We have: 97 guests, 6 bots online
Your IP: 54.81.102.236
 , 
Today: Jul 23, 2018
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id