?> Jadikan HUT PTA Sulteng Momentum Introspeksi Diri
Sabtu, 16 Desember 2017

Jadikan HUT PTA Sulteng Momentum Introspeksi Diri

  • PDF

hutPTA22.jpg

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, M Si. Yang menjadi inspektur upacara hari ulang tahun pengadilan tinggi Palu ke 22, menghimbau agar insan peradilan menjadikan HUT pada (22/11) untuk introspeksi diri dengan apa yang telah dicapai dan apa saja yang akan dilakukan kedepan dalam program kerjanya. 

          Ia pun berharap aparatur pengadilan agama memahami betul akan standar operasional prosedur dalam mengemban tugas pengabdiannya. Sehingga dapat diselesaikan dengan baik. 
         “Peringatan hari jadi ke 22 hendaknya jadi momentum mengintrospeksi diri kita atas apa yang telah diperbuat, apa yang telah dicapai, apa yang telah di wujudkan. Sekaligus menjadi sarana penting untuk mengingat atau mendokumentasikan capaian, hambatan yang ditemui. Dan semua pemangku kepentingan di internal peradilan agama memahami rangkaian standar operasional prosedur yang dihadapi untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehingga tujuan yang diharapkan dapat terwujud dengan baik”. Tutur Gubernur Longki. 
         Salah satu permasalahan yang masih kerap ditemukan terkait dengan pengadilan agama adalah banyak pasangan keluarga di Sulawesi Tengah yang belum memiliki buku nikah. Untuk itu terbitlah peraturan mahkamah agung (PERMA) nomor 1 Tahun 2015. Ini bertujuan agar dalam penerbitan akta kelahiran nanti memiliki dasar hukum yang kuat. Sehingga setiap anak dapat memiliki kesempatan bersekolah. Pasalnya syarat mutlak bersekolah harus memiliki akta kelahiran. 
         Atas permasalahan yang dihadapi tersebut, pengadilan agama (PA) mengeluarkan produk berupa penetapan Isbat Nikah. 
         Kementrian agama dalam hal ini kantor urusan agama (KUA) setempat mengeluarkan produk buku nikah. Dan pemerintah kabupaten/kota setempat yang melalui dinas kependudukan dan catatan sipil juga mengeluarkan produk akta kelahiran. 
         Tercatat tiga produk tersebut telah dikeluarkan oleh kabupaten/kota se Sulawesi Tengah. PA Palu 187 perkara, PA Donggala SIGI 140 perkara, Parigi Moutong 32 perkara, PA Tolitoli 937 perkara, Buol 67 perkara, Luwuk 140 perkara, PA Bungku dan Morowali Utara 242 perkara, PA Banggai mencakup Banggai Laut dan Banggai Kepulauan 398 perkara. 
         Seiring hal diatas demi menjaga dan meningkatkan mutu kualitas, serta badan peradilan agama mahkamah agung juga sedang menggalakkan sertifikasi akreditasi penjamin mutu (SAPM). Maka pengadilan tinggi agama Palu menetapkan 2 percontohan, yaitu pengadilan agama Palu Klas 1 A dan pengadilan agama Parigi Klas 2. Pada pengadilan tersebut telah diaudit secara internal dan eksternal. 
         Disaksikan ketua pengadilan tinggi agama Sulawesi Tengah serta para pejabat, pada acara tersebut juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba tenis lapangan, tenis meja dan lomba menyanyi para pimpinan pengadilan agama se kabupaten/kota. 

         Lomba tersebut dimaksudkan agar insan peradilan selalu bugar dan gembira. Sehingga dalam mengemban tugas kesehariannya selalu dalam kondisi prima jiwa dan raganya, mengingat tugas yang cukup berat dalam menangani perkara masyarakat luas

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 22 November 2017 06:38

Add comment


Security code
Refresh

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday7303
mod_vvisit_counterYesterday15963
mod_vvisit_counterThis week91132
mod_vvisit_counterLast week92617
mod_vvisit_counterThis month200296
mod_vvisit_counterLast month326599
mod_vvisit_counterAll days11657095

We have: 107 guests, 5 bots online
Your IP: 54.163.209.109
 , 
Today: Des 16, 2017
Pagerank Checker

Contact Us

Anda dapat menghubungi kami :

:

Jln. Samratulangi No. 101 Palu                 Sulawesi Tengah, Indonesia

: 0451 - 451311
:
info@sultengprov.go.id