?> Jadilah Ujung Tombak Kehutanan
Sabtu, 24 Juni 2017

Jadilah Ujung Tombak Kehutanan

  • PDF
kphpulaupeling.jpg
 

Kepala UPT KPH Pulau Peling Diostenhes Evangelists menyambut gembira kunjungan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Bupati Banggai Kepulauan Zainal Mus di kantornya, di Salakan, ibukota Kabupaten Banggai Kepulauan pada Minggu siang(4/6).

 

Secara singkat, Dios menyampaikan kondisi KPH, antara lain personil yang terdiri dari 4 pejabat struktural, 7 penyuluh hutan, 12 polisi hutan, 4 bakti rimbawan, 6 honorer dan 1 staf PNS.
Dari segi kawasan, KPH Pulau Peling meng-cover area hutan seluas lebih kurang 117 Ha meliputi hutan lindung, hutan produksi terbatas dan hutan produksi tetap. Namun dari segi personil, KPH Pulau Peling belum mempunyai tenaga penyidik sementara untuk ruang kantor, penggunaannya masih berbagi gedung dengan tenaga penyuluh dinas pertanian Bangkep.
Kepala KPH Pulau Peling juga memutar dokumentasi video kegiatan KPH sejak 6 bulan yang lalu. Satu yang menarik perhatian gubernur adalah budidaya tanaman yang dikerjakan bersama masyarakat Desa Alakasi, Kecamatan Peling Tengah.
Dios menambahkan pihaknya menyediakan 20 ribu bibit aneka tanaman dan pohon yang siap tanam dan 40 ribu bibit lainnya untuk kebutuhan penghijauan.
Hal lain yang diminta Dios pada gubernur agar 6 tenaga honorer yang ada di KPH bisa terakomodir provinsi sebab mereka telah diikut sertakan dalam diklat polisi hutan.
Walau masih banyak kekurangan di sana-sini, Gubernur Longki tetap mengapresiasi kinerja Dios dan jajaran KPH Pulau Peling yang baru terbentuk 6 bulan yang lalu.
"Selama 6 bulan anda sudah berhasil mengorganisir sumber daya yang ada, ini berarti suatu kemajuan saudara selaku ujung tombak kehutanan di kabupaten," puji gubernur ke Dios dan jajaran KPH.
Melalui sosialisasi dan penyuluhan, Gubernur Longki harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan utamanya dalam menekan jumlah pembalakan liar di Sulteng.
"Seluruh unsur terkait wajib menjaga dan melestarikan hutan, Saya harap ada kesadaran masyarakat melalui saudara-saudara semua sehingga polhut ngga usah jadi orang yang sangat ditakuti selama masyarakat itu sadar tidak berbuat illegal logging," imbuhnya.
Akhirnya, gubernur mengucapkan selamat bertugas pada seluruh aparat UPT KPH Pulau Peling. "Selamat bekerja saudara-saudara semua di Pulau Peling, dimana kita bertugas di situ kita mengabdi pada negara," pungkas gubernur mengakhiri arahan yang harus bergegas berangkat ke Banggai Laut untuk safari ramadhan.
Turut serta meninjau KPH, Kadis Kehutanan Nahardi, Karo Humas Protokol Ridwan Mumu dan Kajati Sulteng.
Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 08 Juni 2017 01:42

Add comment


Security code
Refresh