Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Visi Misi


“SULAWESI TENGAH SEJAJAR DENGAN PROVINSI MAJU DI KAWASAN TIMUR INDONESIA MELALUI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN KELAUTAN DENGAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERDAYA SAING TAHUN 2020”

  • Main Menu

Wakil Gubernur Buka Festival Seni Qasidah di Ujung Timur Sulteng.

ADMIN | 2019-10-31 15:16:50
Wakil Gubernur Buka Festival Seni Qasidah di Ujung Timur Sulteng.

Wakil Gubernur Buka Festival Seni Qasidah di Ujung Timur Sulteng.

Pembukaan Festival Seni Qasidah Rebana  Besar ke-VII secara resmi dibuka Gubernur Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur yang ditandai dengan penabuhan rebana dan pembacaan sholawat badar bertempat di Alun-alun Taman Kota Banggai Laut, Rabu 18 September 2019 malam.

Pembukaan festival seni qasidah diawali dengan pawai defile yang diikuti 10 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

Kontingen pertama diawali dari Kabupaten Banggai, disusul Kabupaten Sigi, Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Parimo, 

Selanjutnya menyusul Kabupaten Bangkep, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, Kota Palu dan terakhir Kabupaten Banggai Laut.

Usai defile dari masing-masing Kabupaten/Kota diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Lasqi.

Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Wakil Gubernur H. Rusli Dg. Palabbi, S.Sos, SH, MH dalam sambutannya, menyampaikan festival seni qasidah rebana merupakan program yang dilaksanakan secara terus-menerus mulai dari tingkat kabupaten, kota, provinsi dan nasional juga merupakan momentum yang sangat baik dan penting dalam membangun dan membina persaudaraan sesama bangsa sebab kegiatan tersebut akan ditonton oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Banggai laut.  Untuk itu diharapkan bahasa dan syair yang diiringi alunan musik yang islami hendaknya disampaikan mengandung makna nilai-nilai persaudaraan dan persatuan.

Seni Qasidah lanjut Wakil Gubernur merupakan salah satu hasanah kebudayaan Islam yang berkembang pesat di tanah air sebagai seni bernuansa religi melalui seni qasidah dapat mengungkapkan budaya suatu bangsa sekaligus dapat menampung dan menumbuhkan daya cipta para seniman-seniwati qasidah dalam mempererat jati diri bangsa juga meningkatkan apresiasi dan kreativitas seni di kalangan masyarakat muslim untuk itu seni qasidah merupakan refleksi dan ekspresi yang dibarengi dengan penghayatan dalam menyampaikan cita rasa kemanusiaan lewat segala aspeknya maka syair dan tuntunan dakwah maupun aspek lainnya yang penuh dengan makna.

"Lasqi merupakan organisasi kemasyarakatan yang membina dan mengembangkan seni budaya musik Islami dan festival musik qasidah yang digelar sangat bermakna positif dan memiliki pesan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta memupuk persaudaraan dalam bingkai seni dan budaya Islam. Saya harap kepada seluruh Bupati/Walikota se Sulawesi Tengah agar senantiasa bersinergi dan mendukung program yang digagas oleh pengurus Lasqi sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan berkesinambungan sekaligus bermanfaat bagi pembinaan akhlakul karimah bagi generasi muda dan bagi seniman-seniwati qasidah saat ini dan dimasa mendatang," urai Wagub.

Pada kesempatan itu pula, Wakil Gubernur H. Rusli Dg. Palabbi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Banggai laut serta seluruh jajaran dan pengurus DPD Lasqi dan segenap panitia penyelenggara serta pihak terkait yang telah berupaya dengan maksimal sehingga festival tersebut dapat terlaksana dengan baik, lancar, aman dan sukses dalam pelaksanaan festival seni qasidah rebana berskala besar tingkat provinsi Sulawesi Tengah.

"Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak kepada hadirin sekalian khususnya masyarakat Kabupaten Banggai Laut dan Sulawesi Tengah pada umumnya untuk memeriahkan dan mensukseskan gerakan ini dan kepada para peserta selamat berkompetisi, menjadi juara sudah barang tentu adalah impian kita semua, tapi memberikan penampilan terbaik dan menjalin pertemanan seluas-luasnya itu jauh lebih baik, lebih penting dan jadi tujuan yang kita harapkan. jadikan festival ini sebagai ajang silaturahmi antara peserta, bina kebersamaan dalam berbagai pengalaman di bidang seni qasidah untuk dapat dikembangkan di daerah masing-masing," tutup Wagub H. Rusli Dg Palabbi

Sebelumnya panitia pelaksana Dr. Idhamsyah Tompo dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan silaturahmi sesama anggota Lasqi kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Mengembangkan seni qasidah di Sulawesi Tengah serta sebagai ajang kompetisi di tingkat nasional. Adapun cabang yang diperlombakan sebanyak delapan kategori.

Sementara itu, Bupati Banggai Laut Drs. H. Wenny Bukamo dalam sambutannya menyampaikan terima kepada Gubernur Sulawesi Tengah yang telah memberikan kepercayaan kepada Banggai Laut sebagai tuan rumah.

Menurut Bupati, Kabupaten Banggai Laut saat ini mengalami beberapa perbaikan infrastruktur.

Lebih lanjut dikatakannya, meskipun termuda dalam segi administratif, akan tetapi secara historis Kabupaten Balut adalah yang paling senior dibanding kabupaten Bangkep dan Luwuk.

Ketua DPW Laski Sulteng Drs. H. Baharuddin HT, M.Si menyampaikan kegiatan Lasqi merupakan suatu event keagamaan yang bertujuan memberi hiburan sekaligus tuntunan melalui syair yang dibawakan serta mengembangkan bakat generasi muda

Pembukaan lomba seni qasidah di tutup dengan penampilan seni kolosal Hitam-Putih serta atraksi lainnya.

Hadir pada kesempatan itu, Wagub Sulteng H. Rusli Baco Dg Palabbi, S.Sos, SH, MH, Bupati Banggai Laut, Drs. H. Weddy Bukamo, Bupati Banggai Kepulauan Rais Adam,  Unsur Forkopimda Banggai Laut, Ketua  DPRD Balut, Wakil Bupati Banggai Laut,  Ketua DPW Laski Sulteng Staf Ahli, Kepala OPD serta pejabat terkait lainnya.

Biro Humas dan Protokol



 Berita

      Arsip Berita

 Links List