Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Visi Misi


“SULAWESI TENGAH SEJAJAR DENGAN PROVINSI MAJU DI KAWASAN TIMUR INDONESIA MELALUI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN KELAUTAN DENGAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERDAYA SAING TAHUN 2020”

  • Main Menu

Tingkatkan Aksi Nyata Forum DAS dalam Pengelolaan DAS

ADMIN | 2019-09-02 11:09:34
Kegiatan Forum Pengelolaan Dasar Aliran Sungai (DAS) Sulawesi Tengah yang di Gelar Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah

Persoalan DAS saat ini perlu menjadi perhatian bersama, karena tidak sedikit musibah banjir dan tanah longsor di Sulawesi Tengah  disinyalir akibat kurang oktimalnya pengelolaan DAS yang dilakukan. Kata Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan Dr.Ir.B.Elim Somba, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah Saat membuka Kegiatan Forum Pengelolaan Dasar Aliran Sungai (DAS) Sulawesi Tengah yang di Gelar Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah di Ruang Nagana Kantor Bappeda Sulteng pagi tadi (28/08)

Lebih lanjut terkait kurang oktimalnya pengelolaan DAS menjadi tantangan bersama untuk  mengupayakan  pengelolaan DAS yang sehat. dan hal itu bisa diwujudkan dengan perubahan pola perilaku dan pola pikir kita, khususnya dengan menekan dan mengurangi ke egoan antar Stakeholder agar bisa terbangun komunikasi dan kerjasama  yang lebih konsulidatif dan nyata tertuang di lapangan melalui Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Sulawesi Tengah.

dengan digelarnya forum ini Gubernur Sulteng Drs.H.Longki Djanggola.M.Si. melalui sambutan tertulisnya berharap forum ini dapat melahirkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pengelolaan DAS seperti bagaimana mengantisipasi banjir dan tanah longsor selain itu bagaimana cara mengefektifkan pengawasan DAS ditengah masalah keterbatasan jumlah personil dilapangan dan kekurangan-kekurangan lainnya. namun tak kalah penting adalah bagaimana  menyertakan masyarakat, swasta, mitra kerja dan pihak-pihak lain yang berketergantungan terhadap alam  supaya mau ikut terlibat melestarikan fungsi hutan, tanah dan kondisi tata air DAS di Sulteng.

Sementara itu Ketua Panita Penyelenggara Kegiatan Forum, Maskur mengatakan, forum ini merupakan wahana komunikasi yang terintegrasi mulai dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, Akademisi, dan lembaga Swadaya masyarakat peduli lingkungan, pertemuan ini juga bertujuan untuk membahas permasalahan dan kejadian yang terkait dengan pengelolaaan DAS yaitu banjir dan tanah longsor yang akhir-akhir ini sering terjadi, serta percepatan pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan khususnya khususnya bagi pemegang IPPKH. l

Forum ini di hadiri 75 orang peserta yang terdiri dari OPD terkait, UPT Kementerian, KPH Provinsi Sulteng.
Nampak hadir juga dalam Forum ini Kasubdit Pemolaan PEPDAS Kementerian Lingkungan Hidup Dr.Mahendro Harjianto, Kepala Dinas Kehutanan Prov Sulteng Dr.Narhadi, Kepala BPDAS dan Hutan Lindung Palu-Poso, Encum,.M.Si.

Biro Humas & Protokol Pemprov Sulteng


 Berita

      Arsip Berita

 Links List