Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Visi Misi


“SULAWESI TENGAH SEJAJAR DENGAN PROVINSI MAJU DI KAWASAN TIMUR INDONESIA MELALUI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN KELAUTAN DENGAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERDAYA SAING TAHUN 2020”

  • Main Menu

Sekretaris Daerah Sulawesi Tengah Resmikan Posyandu Remaja

ADMIN | 2019-08-06 10:22:37
Sekretaris Daerah Sulawesi Tengah Resmikan Posyandu Remaja

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, MSi, yang juga selaku Ketua PKBI Provinsi Sulawesi Tengah, meresmikan posyandu remaja sahabat layanan on the weekend (Salara) OTW), di Kelurahan Baiaya Kecamatan Tawaeli pada, Minggu, 4 Agustus 2019.
Pada kesempatan tersebut Dr. Hidayat Lamakarate, MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan posyandu remaja ini, dimana gagasan ini merupakan sebuah inspirasi untuk diharapkan posyandu remaja ini tidak hanya pemeriksaan tensi, akan tetapi harus ada konseling dimana anak remaja medapatkan penjelasan dan pemahaman tentang persoalan-persoalan remaja karena remaja ini adalah masa yang paling penting dimana dari situ akan menjadi tolak ukur untuk bisa berhasil terus kedepan ataupun mengakhiri masa remaja dengan cara yang telah ia pilih, dimana sesuai dari data BNN di Sulawesi Tengah ada 36 ribu orang yang sudah mengkonsumsi narkoba, khusus Kota Palu tahun 2018 ada 167 orang anak remaja yang sementara masa rehabilitasi dan masa penanganan karena terlibat narkoba, bahkan anak SMP-pun sudah terlibat narkoba, dan baru ditemuan pula anak SD yang terlibat narkoba, bisa kita bayangkan bagaimana anak SD sudah bisa mengkonsumsi narkoba akan seperti apa masa depannya dan narkoba ini betul betul  akan merusak satu generasi, kalau kemudian manusia ini tidak bisa lagi dimusnahkan dengan cara peperangan ditembak, di bom atom, nuklir dan sebagainya, narkoba ini adalah bom nuklir yang dahsyat yang bisa membunuh satu generasi, kalau kita sadar dan tidak memahami tentang hal itu.
Oleh karena sahabat remaja yang ada ditempat ini, kalian adalah orang yang mempunyai tanggung jawab untuk memberi pemahaman bahaya narkoba bagi kita, dan bukan hanya narkoba ada juga pergaulan bebas diusia remaja, yang menyebabkan kehamilan dibawah usia pernikahan, yang tentunya kedepan akan didorong satu puskesmas, satu posyandu remaja dalam melakukan konsultasi tentang remaja.
Menurut Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, MSi bercerita dengan anak remaja, itu sangat penting untuk memberi motifasi bagaimana bersepakat untuk menyatakan prestasi yes, narkoba no, ini harus terus kita gelorakan bahwa remaja harus menanamkan dalam pikirannya sains berprestasi, narkoba, pergaulan bebas, pernikahan dini no, pesan akhirnya, tolong jaga diri kalian, untuk menjadi remaja pilihan yang tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh kita lakukan dan kita bertekad untuk menjadikan diri kita sebagai kebanggaan diri kita sendiri, kebanggaan orang tua, kebangaan keluarga, kebangaan masyarakat daerah bangsa dan negara.
Sementara itu laporan panitia yang disampaikan oleh Euis Binca menyampaikan maksud kegiatan pelaksanaan posyandu remaja ini untuk meningkatkan derajat kesehatan remaja dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat melalui posyandu dengan tujuan mendekatkan akses dan meningkatkan cakupan layanan kesehatan bagi remaja, yaitu secara khusus, meningkatkan peran remaja dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan keterampilan hidup sehat (PKHS), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza, mempercepat upaya perbaikan gzi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktifitas  fisik, melakukan deteksidini dan pencegahan penyakit tidak menular (PTM), Meningkatkan kesadran remaja dalam pencegahan kekerasan,
Posyandu remaja yang akan diresmikan antara lain dari Kota Palu, Posrem Salara Matuvu Singgani, Petobo. Posrem Salara kamai pura, Gawalise. Posrem Salara Balaroa Bangkit, Balaroa. Posrem Salara otw, Baiya. Posrem Kabupaten sigi yaitu, Posrem Salara nasana pura, Sibalaya Selatan. Posrem Risi’puramo kita, Bangga. Posrem slara mosinggani pakabelo ngata ama gaya, Beka. Posrem Kabupaten Donggala Posrem wombo bersaudara, Wombo. Posrem Salara boimo kami, Lolipesua.
Hadir pada peresmian posyandu remaja sahabat layanan on the weekend (Salara) OTW), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah diwakili kepala bidang Kesmas, Ilham, S.KM, M,Kes, Camat Tawaeli, Lurah Baiya dan penanggung jawab UNFPA program remaja ibu Nr. Arifina Vivinia.


 Berita

      Arsip Berita

 Links List