Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Visi Misi


“SULAWESI TENGAH SEJAJAR DENGAN PROVINSI MAJU DI KAWASAN TIMUR INDONESIA MELALUI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN KELAUTAN DENGAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERDAYA SAING TAHUN 2020”

  • Main Menu

Sosialisasi Penyaluran Kartu Tani

ADMIN | 2019-07-25 14:49:33
Sosialisasi Penyaluran Kartu Tani Sulawesi Tengah

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hj. Sitti Norma Marjanu SH, MSI, MH secara resmi membuka sosialisasi kartu tani Sulawesi Tengah bertempat di Hotel Santika Rabu, 24 Juli 2019.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa salah satu program pemerintah yang sedang gencar dilaksanakan adalah upsus pajala bawang merah, bawang putih dan cabe yang bertujuan mewujudkan kedaulatan pangan secara nasional dan Provinsi Sulawesi Tengah termasuk salah satu provinsi yang diharapkan dapat mendukung dan memberikan kontribusi terhadap program dimaksud.

Lebih lanjut dikatakannya, keberhasilan gerakan upsus tidak terlepas dari ketersediaan sarana produksi khususnya pupuk dan pestisida yang dilaksanakan sesuai prinsip 6 tepat yaitu tepat mutu, jumlah, jenis, harga, waktu dan tempat.  Pelaksanaan prinsip tersebut untuk penyediaan pupuk, pemerintah telah menerapkan subsidi pupuk sehingga harga pupuk relatif lebih murah dan terjangkau oleh kemampuan modal petani.

Selain itu ketepatan aplikasi pemupukan dan pestisida sesuai dengan rekomendasi spesifik lokasi diharapkan dapat memberikan konstribusi yang signifikan dalam upaya peningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian dan diharapkan pula berdampak pada peningkatan daya saing serta tidak mengganggu lingkungan yang berkelanjutan.

Penerapan penyaluran pupuk subsidi menurut Staf Ahli Hj. Norma Marjanu dalam sambutan gubernur saat ini dilaksanakan sesuai dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) namun hasil pengawasan Litbang BPK dan KPK sistem ini masih perlu ditingkatkan dan disempurnakan dengan aplikasi berbasis e-RDKK serta di input dari RDKK updating ke e-RDKK sehingga pupuk yang beredar dan digunakan petani sesuai dengan peruntukannya serta memenuhi prinsip 6 tepat.

"Atas nama pemerintah daerah Sulawesi Tengah, kami sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pemimpin Bank Rakyat Indonesia Cabang Palu yang telah memfasilitasi sosialisasi penggunaan kartu tani penyaluran pupuk bersubsidi di wilayah provinsi Sulawesi Tengah," sebut Staf Ahli Norma Marjanu dalam sambutan gubernur

Biro Humas dan protokol