Gubernur Sulteng diwakili Kepala Disperindag, Buka Secara Resmi Pameran dan Promosi Produk Hasil Hutan Bukan Kayu.

Gubernur Sulteng diwakili Kepala Disperindag, Buka Secara Resmi Pameran dan Promosi Produk Hasil Hutan Bukan Kayu.

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Richard Arnaldo, SE., M.SA membuka secara resmi kegiatan Pameran dan Promosi Produk Hasil Hutan Bukan Kayu.

Kegiatan tersebut laksanakan secara langsung, bertempat di Taman Gor Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Sabtu, (20/11/21)

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) yang juga didukung oleh BPKL Sulawesi, Bekerja Sama Jerman, Lore Lindu Biosphere Reserve dan Gokups. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yang dimulai pada tanggal 20 November 2021 – 21 November 2021.

Adapun rangkaian kegiatan terdiri dari : (1.) Pameran dan Promosi serta pemasaran produk kelompok tani hutan disekitar Cagar Biosfer Lore Lindu. (2) Talkshow potensi hasil hutan bukan kayu menghadirkan pembicara mewakili pemerintah, pelaku usaha dan swast. (3) Pengenalan sistem pembayaran digital dan marketpalce. (4) Lomba menggambar bertema alam oleh kelompok seni pedati bagi anak-anak sekolah dasar. (5) Lomba Photo Produk berbasis Smartphone. (6) Penampilan musik bertema alam oleh kelompok seni pedati. (7) Volkswagen Community. (8) Beli Greenbean, Roasting sendiri.

Peserta dari pameran dan promosi produk hutan bukan kayu merupakan kelompok usaha perhutanan sosial dan kelompok usaha perempuan dampingan diwilayah Cagar Biosfer Lore Lindu, Bank Mandiri, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Komunitas Foto Smartphone, Anak Sekolah Dasar dan Volkswagen Community.

Bern Unger selaku Ketua Tim Konsultan dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dan kegiatan ini merupakan Kik Off dari beberapa kegiatan yang direncanakan dan kedepanya bisa mengundang beberapa kelompok Desa dan kelompok usaha lainya.

“Kalau kita sendiri tidak membantu masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah bagaimana kita berharap orang dari luar akan membantu, dan kita harus mulai dengan kebiasaan kita sendiri” Ujar Bern Unger

Pada kesempatan itu, Kepala Disperindag Provinsi Sulteng membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa atas nama pimpinan daerah, saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai media promosi serta memasarkan produk hasil hutan bukan kayu dan produk pangan.

Gubernur berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan sehingga dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah daerah dan stakeholder terkait guna meningkatkan daya saing dan promosi produk-produk Provinsi Sulawesi Tengah sehingga dapat diterima pasar.

Disamping itu, Beliau juga berharap agar potensi-potensi yang ada dan belum di ekspose agar dapat menjadi keliatan kepermukaan.

“Mari kita khususnya masyarakat generasi muda supaya turut berkecimpung dalam mengembangkan potensi-potensi Non Timber sebagai kegiatan usaha yang menguntungkan dan ramah lingkungan termasuk menggunakan teknologi informasi dalam memperluas cakupan pemasaranya.” Jelas Gubernur diakhir sambutanya

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni, Kadis Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, Kadis Kehutanan, Komunitas ROA dan para pelaku usaha Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *