Wagub Sulteng Pimpin Rapim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pelaksanaan Program dan Kegiatan APBD Tahun Anggaran 2021.

Wagub Sulteng Pimpin Rapim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pelaksanaan Program dan Kegiatan APBD Tahun Anggaran 2021.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir, didampingi Asisten II Dr. Rudi Dewanto, M.Si mewakili Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura beri arahan sekaligus memimpin Rapim Evaluasi dan Pengawasan Program dan Kegiatan APBD Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan tersebut diselenggaran secara langsung diruang Polibu Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah. Senin, (25/10/2021).

Plt. Kepala Biro Administrasi Pembangunan Drs. Muhsin Pakaya, MM dalam laporanya menyampaikan bahwa APBD Provinsi Sulawesi Tengah mengalami pergeseran anggaran khususnya anggaran belanja operasi dan belanja tidak terduga. Ada pergeseran anggaran tersebut teralokasi yakni ; pada Dinkes yang diperuntukkan untuk biaya Covid-19, Badan Kebangpol yang peruntukkanya untuk biaya satgas TNI/Polri, dan Disporda yang di peruntukan untuk biaya KONI Sulteng. Tuturnya

“Realisasi anggaran APBD Provinsi Sulawesi Tengah sampai dengan 30 September 2021 Tahun Anggaran 2021 terdiri dari Realisasi Belanja Operasi, Realisasi Belanja Modal, Realisasi Belanja Tidak Terduga, dan Realisasi Belanja Transfer.” Jelas Karo Administrasi dalam laporanya

Lanjut, capaian realisasi perangkat daerah sampai dengan 30 September 2021, untuk Grade Biru: Realisasi lebih dari 65% yang berjumlah 8 perangkat daerah, Grade Hijau : Realisasi lebih dari 60% sampai kurang 65% berjumlah 12 Perangkat Daerah, Grade Kuning : Realisasi lebih dari atau sama dengan 55% sampai kurang 60% berjumlah 13 Perangkat Daerah, dan Grade Merah : Realisasi Kurang dari 55% berjumlah 17 Perangkat Daerah.

Pada kesempatan tersebut Wagub Drs. Ma’mun Amir dalam arahanya menyampaikan bahwa untuk Badan, Dinas, dan OPD yang berada di gred merah atau berada dibawah 50 %, agar lebih proaktif dalam merealisasikan anggaran yang telah diberikan kepada setiap OPD agar pada penyusunan anggaran 2022 dapat diketahui sisa anggaran disetiap OPD. Ujar Wagub

Beliau juga menambahkan dari hasil evaluasi ini, semua pelaksanaan realisasi anggaran segera diselesaikan dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan juga wagub melihat dari sisi presentasi sudah cukup baik, tetapi dari sisi target belum tercapai.

“Harapan saya kedepanya agar Badan, Dinas dan OPD yang berada pada grade warna hijau menjadi warna biru dan warna merah menjadi warna kuning, kemudian kalau bisa dari warna merah menjadi warna biru, Alhamdulillah,” Harap Ma’mun Amir pada pertemuan tersebut

Turut Hadir : Bapak/Ibu Kepala Dinas/Badan/Biro Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *