PEMERINTAHAN PROVINSI SULAWESI TENGAH

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir, didampingi Ibu Wakil Ketua TP. PKK Provinsi, Bupati Bangkep Rais B Adam, Membuka Sidang VIII Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo di Bangkep Kamis, 7 Oktober 2021.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Sidang VIII Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo, dihadiri Wakil Ketua PGI Pusat, Sekjen Sinode Am Gereja-Gereja Suluttenggo, Gubernur Sulut, hadir lewat Virtual,  Panglima XIII Meredeka, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Faisal Mang, Plt. Stap Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, Plt. Karo Umum Mualif dan beberapa OPD Provinsi, Unsur Forkopimda Kab. Bangkep dan Kepala OPD Kabupaten Bangkep.

Ketua Panitia Pelaksana Sidang Sinode Am Gereja – Gereja Suluttenggo Kodrat G. Galala menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan sidang Sinode Am Gereja – Gereja Sulutenggo untuk merencanakan program kerja dalam hal mengatasi krisis ekonomi masyarakat akibat bencana alam dan non alam yang menimpa masyarakat saat ini dan juga untuk memilih Ketua dan Pengurus Sinode Am Gereja – Gereja Suluttenggo.

Adapun tema pelaksanaan Sinode AM Gereja-Gereja Sulutenggo adalah “Akulah yang Awal dan yang Akhir” dengan sub tema: “Bersama seluruh warga masyarakat memperkokoh persatuan dan kebersamaan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.”

Sambutan Bupati Bangkep Rais B.Adam, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Wakil Gubernur dan Ibu Wakil Ketua TP.PKK Provinsi, dan Rombongan, dan Wakil Ketua PGI Pusat dan Sekjen Sinode AM Gereja -Gereja Sulutenggo di Banggai Kepulauan yang sangat Indah.

Selanjutnya Bupati Banggai Kepulauan menyampaikan atas nama Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bangkep mengucapkan terimakasih atas perkenan Wakil Gubernur yang didampingi Ibu Wakil Ketua TP. PKK Provinsi untuk membuka Sidang Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo yang dilaksanakan di Banggai Kepulauan.

Bupati Bangkep Menyampaikan Ucapan selamat kepada peserta sidang Sinode AM semoga Sidang Sinode Am Gereja -Gereja Suluttenggo dan mengharapkan kiranya menghasilkan keputusan – Keputusan yang terbaik .

Kepala Bidang Bimas Kristen , Kaleb Tokii,  menyampaikan ucapan trimakasih atas perkenan Wakil Gubernur dan Ibu Ketua TP. PKK Provinsi yang berkenan hadir langsung untuk membuka acara Sidang Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo, demikian juga terimakasih kepada Bupati Banggai dan Masyarakat atas kesiapannya untuk menjadi tempat pelaksaan Sidang Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo.

Kepala Bimas Kristen Kaleb Tokii, Menyampaikan kita bersyukur atas kebersamaan dan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di wilayah Suluttenggo juga di Indonesia kita sykuri itu dan terus kita harus tingkatkan rasa kebersamaan tersebut hal tersebut tidak terlepas dari peran dari Pemetintah.

Sambutan Wakil Ketua PGI Ibu Krise Ami Gosal, menyampaikan rasa syukur atas kebersamaan kita dan kita bisa bersama -Sama Wakil Gubernur  Sulawesi Tengah dan Ibu Ketua TP.PKK Provinsi, Bupati Bangkep, Pejabat OPD Provinsi dan Kab. Bangkep dan Peserta Sinode Am Gereja -Gereja Sulutenggo untuk hadir pada kegiatan Sidang Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo.

Lebih jauh Wakil Ketua PGI Ibu Krise Ami Gosal  menyampaikan salam kebahagiaan dan kasih dari Ketua PGI Gomar Gultom dan juga dari Sekjen PGI  dan selanjutnya menyampaikan pesan bahwa hasil Sinode PGI saat ini sudah berada pada Tahun Kedua Sidang Raya PGI dengan Thema

4 Isu yang ditetapkan dan disepakati adalah mengatasi bersama Krisis Kebangsaan, Krisis Ekologi, Tantangan Keesaan dan Krisis dari Pengaruh Digilitalisasi namun kesepatan itu belum dapat terwujud dengan baik sehubungan dengan krisis bencana yang terjadi olehnya diharapkan seluruh Anggota PGI untuk dapat bersama-sama melaksanakan program yang disepakati tersebut dan melaksanakan dengan baik panggilan untuk merawat keberagaman yang ada dan menjadi berkat baik kedalam dan keluar.

Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah di wakili Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir .

Wakil Gubernur Menyampaikan kunjungan perdana di wilayah timur di kampung halaman saya di Banggai Bersaudara, Tojo Una Una, kalau kunjungan saya di Bangkep ini sudah kunjungan kedua sejak dilantik sebagai wakil.Gubernur.

Wakil Gubernur menyampaikan sebelum membacakan sambutan Gubernur, mebyampaikan “Insyah Allah kedepan program prioritas  utama sesuai Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur adalah sekolah gratis tahun depan semua biaya pungutan sekolah kewenangan Provinsi di tiadakan dan semuanya gratis demikian juga prioritas pembangunan infrastruktur, pembangunan infrastruktur untuk mempersiapkan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga ibu kota negara baru, pembangunan infrastruktur jalan di Banggai bersaudara dan persiapan pembangunan jembatan penghubung Bangkep dan Balut Tahun 2022 untuk  perencanaannya Sudah dianggarkan dan dilaksanakan kita terus doakan dan dukungan agar seluruh pembangunan prioritas infrastruktur yang sudah ditetapkan.

Selanjutnya Wakil Gubernur menyampaikan bahwa Budaya Musik Bambu yang ada di Banggai bersaudara terus di kembangkan dan budaya itu merupakan bagian dari budaya yang ada di Banggai bersaudara.

Selanjutnya wakil Gubernur menyampaikan  bahwa Kekompakan antar umat beragama dan kerukunan Antar Umat Beragama sudah berjalan dengan baik di sulawesi tengah khususnya di banggai bersaudara hal ini menjadi kebanggaan kita bersama selanjutnya Wakil Gubernur merasa menyampaikan bahwa penanganan Covid-19 di sulawesi tengah kita syukuri sudah menunjukkan hasil yang sangan baik dimana penularan Covid-19 sudah sangat melandai dan PPKM Kabupaten dan Kota sudah berada pada level 2 dan sebagian kecil kabupaten berada pada level 3, namun demikian kata Wagub mengajak masyarakat harus terus melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak seluruh masyarakat dan umat Gereja untuk agar kita bersatu untuk mengahadapi Bencana Non Alam Covid-19 yang terjadi dengan terus melaksanakan Protokol Kesehatan agar Krisis bencana Covid-19 dapat hilang dari tengah tengah masyarakat.

Selanjutnya Wakil Gubernur menyampaikan  ucapan Selamat dan sukses atas pelaksanaan Sidang Sinode AM Gereja-Gereja Suluttenggo dan mengharapkan kiranua seluruh Gereja Geraja di Sulutenggo tidak putus asa menghadapi dengan banyaknya tantangan yang kita hadapi bersama dan mari kita terus berupaya bersama pemerintah dan seluruh masyarakat untuk menghadapi tantangan yang ada dan terus berupaya untuk  dapat mewujudkan 4 Isu utama yang disepakati pada sidang PGI antara Lain Krisis Kebangsaan, Krisis Ekologi dan Tantangan Keesaan dan Krisis dari Pengaruh Digilitalisasi dengan harapan kita terus bersama membangun bangsa dengan kebersamaan dan kerukunan sesuai dengan Thema Akulah yang Awal dan yang Akhir dengan Sub Thema bersama seluruh warga masyarakat memperkokoh persatuan dan kebersamaan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Diakhir sambutannya Wakil Gubernur menyampaikan semoga sidang Sinode Am Gereja-Gereja Sukutenggo dapat menghasilkan keputusan-Keputusan yang membangun umat dan membangun kebersamaan daerah, bangsa dan negara tercinta dan juga dapat memilih ketua dan pengurus Sinode Am Gereja – Gereja Sulutenggo.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur menyerahkan bantuan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Banggai Kepulauan berupa, masker medis 4.000 lembar, masker anak, APD kesehatan dan oksigen konsentrad, dengan harapan terus kita tangani bersama pandemi Covid-19 dengan baik.

Sumber : Biro Adm Pimpinan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *